Alhamdulillah ini sudah menunjukkan hasil yang cukup baik....
Kendari (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan 500 bibit cabai ke prajurit TNI AL di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

Kepala BI Sultra Doni Septadijaya, di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa pemberian bibit cabai tersebut merupakan bagian dari Program Tanam Cabai Kendalikan Inflasi (Tabe Di) yang digaungkan sejak 2022 dengan hasil yang cukup memuaskan.

"Alhamdulillah ini sudah menunjukkan hasil yang cukup baik karena dengan adanya Tabe Di ini, harga-harga cabai di beberapa daerah sudah semakin lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," katanya pula.

Dia menyampaikan bahwa dengan adanya program tersebut, harga cabai di sejumlah daerah Sultra sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Doni menuturkan BI Sultra telah mengembangkan Program Tanam Cabai Kendalikan Inflasi di Kota Kendari, Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Selatan, Bombana, Kota Baubau, dan Buton Selatan.

"Tabe Di ini tidak hanya dilakukan di kawasan pertanian. Ini sebenarnya program pemerintah daerah seperti di Kabupaten Konawe Utara, bagaimana bisa memanfaatkan pekarangan untuk bisa menghasilkan hortikultura yang produktif," ujar dia pula.

Lebih lanjut Doni mengatakan pihaknya terus mendorong penurunan inflasi pangan bergejolak melalui berbagai kegiatan salah satunya mendorong gerakan tanam cabai di tahun 2023.
 
Kepala BI Sultra Doni Septadijaya (kiri), Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari (tengah), di Kendari, Rabu (3/5/2023). ANTARA/Harianto



Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan bahwa 500 bibit cabai yang diterima tersebut akan didistribusikan ke keluarga yang ada di Kompleks Lanal Kendari.

"Ada 85 KK di sini, jadi paling tidak 1 KK itu memperoleh 3 bibit cabai. Saya rasa itu sudah cukup, tidak perlu beli cabai lagi di pasar," kata Danlanal Kendari.

Penyerahan bibit cabai tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala BI Sultra Doni Septadijaya dan diterima langsung Danlanal Kendari dalam rangkaian kegiatan sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP) di pekarangan Rumah Jabatan (Rujab) Danlanal Kendari.
Baca juga: BI Sultra sebut uang keluar selama Ramadhan 1444 H capai Rp1,4 triliun
Baca juga: BI Sultra sosialisasi CBP Rupiah pada istri TNI AL di Kendari

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023