Jadi, kalau adem dan berbintang insyaallah menang
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menilai bahwa logo partainya dengan Partai Golkar menyiratkan kerja sama yang dibangun kedua parpol berbeda koalisi tersebut mendukung untuk dijalin.

"Kalau kerja sama dengan Golkar itu istilahnya selalu membahagiakan semua pihak, untuk apa? Untuk cepat maju bersama-sama, untuk saling menjadi sinergi satu dengan yang lain sesuai potensi kita masing-masing. Logonya saja sudah mendukung," kata Muhaimin di Resto Plataran Senayan, Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Muhaimin usai melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menghasilkan kesepakatan membangun koalisi inti sebagai bentuk tindak lanjut dari wacana pembentukan koalisi besar.

Menurut Cak Imin, sapaan karibnya, komponen dalam logo PKB dan Partai Golkar memiliki unsur warna yang serasi. Dengan keserasian tersebut, dia pun berharap kerja sama yang dibangun PKB bersama Partai Golkar dapat membawa kebaikan bagi Indonesia.

"Empat warna dominan. PKB logonya hijau, kuning, putih, hitam. Golkar juga gitu, hijau, kuning, putih, hitam. PKB dominannya hijau, (sementara) Golkar dominannya kuning. Insyaallah berkah buat Indonesia di masa mendatang," ujarnya.

Baca juga: Golkar dan PKB jalin komunikasi dengan parpol lain gaet koalisi besar

Terlebih, tambah dia, kedua partai sama-sama memiliki sejarah panjang dan pengalaman yang banyak dalam proses berbangsa dan bernegara.

Dengan begitu, ujarnya lagi, kerja sama PKB yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra dengan Partai Golkar yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan PAN memiliki posisi yang strategis.

"Saya sangat percaya Partai Golkar punya pengalaman, PKB punya sejarah, partai Golkar juga punya sejarah. Kebersamaan yang diawali oleh KIB maupun KKIR ini menjadi sangat strategis, posisi PKB dan Golkar sebagai inti koalisi,” ucapnya.

Airlangga juga mengamini pernyataan Muhaimin terkait keserasian kerja sama antara PKB dengan Partai Golkar.

Baca juga: Golkar dan PKB bangun koalisi inti tindaklanjuti koalisi besar

Menurut dia, komponen gambar pada logo kedua partai itu dianggap menyiratkan sinergi yang saling melengkapi sehingga mampu mendorong kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang.

"Golkar (logo) pohonnya hijau, PKB (logo) bintangnya kuning. Jadi, kalau adem dan berbintang insyaallah menang," ucap Airlangga.

Baca juga: Airlangga isyaratkan Golkar fokus bangun koalisi besar

Sebelumnya, Airlangga mengatakan bahwa Partai Golkar dan PKB bersepakat membangun koalisi inti sebagai motor penggerak untuk menindaklanjuti wacana pembentukan koalisi besar.

"Jadi, KIB-KKIR ini sudah berbicara panjang lebar, tinggi rendah, dalam, tetapi kita juga putuskan bahwa ini butuh core, butuh inti motor penggerak dan hari ini dalam silaturahmi dan alhamdulillah kita akan dorong Golkar dan PKB menjadi koalisi intinya,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, Golkar bersama PKB pun akan menjalin komunikasi dengan partai-partai politik lain untuk ikut bergabung dalam wacana pembentukan koalisi besar.

"Masing-masing akan terus bergerak dan berkomunikasi dengan partai lain agar masuk dalam koalisi besar," kata Airlangga.

Baca juga: Demokrat-Golkar saling buka peluang jalan bersama di Pemilu 2024
Baca juga: Airlangga: Tidak ada pembahasan spesifik soal koalisi parpol

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023