Alhamdulillah Gorontalo masuk tiga besar inflasi terendah di Indonesia bulan April.
Gorontalo (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyebut Gorontalo masuk dalam tiga daerah dengan inflasi year on year (yoy) terendah pada bulan April 2023, yaitu sebesar 3,45 persen.

Gorontalo menjadi daerah dengan inflasi terendah ketiga setelah Sulawesi Barat 3,31 persen dan Bangka Belitung 2,98 persen. Pencapaian ini disyukuri mengingat bulan April menjadi “bulan rawan” yang bertepatan dengan Ramadhan dan Lebaran.

"Alhamdulillah Gorontalo masuk tiga besar inflasi terendah di Indonesia bulan April. Terima kasih atas dukungan dan kerja kertas pimpinan OPD, instansi vertikal, forkopimda, bupati dan wali kota," ujar Hamka, di Gorontalo, Rabu.

Ia menjelaskan, inflasi di Gorontalo selama ini lebih banyak dipicu oleh kenaikan harga cabai.

Dia mengatakan, program Batanam Rica Sandiri (BATARI) dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) mampu menekan harga cabai rawit di pasaran. Ditambah lagi dengan program serupa di kabupaten dan kota.

"Cabai selalu menjadi momok bagi inflasi kita. Tingkat konsumsi kita sangat tinggi sementara ketersediaan fluktuatif. Orang Gorontalo kalau enggak makan pake cabai seperti bukan makan namanya. Ini yang harus terus kita jaga supaya suplai dan permintaannya pas,” ujar Hamka.

Kepala Biro Pengendalian Ekonomi Pembangunan Pemprov Gorontalo Sagita Wartabone menjelaskan, terkendalinya inflasi di Gorontalo disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya intensitas pemerintah provinsi dan kabupaten kota menggelar pasar murah selama Ramadhan.

"Kemarin indeks harga konsumen tertinggi itu adalah Kota Gorontalo. Kebijakan Pak Gubernur meminta agar pemerintah kota melaksanakan pasar murah. Program kami juga diarahkan ke kota, sehingga alhamdulillah itu berpengaruh,” kata Sagita.

Selain itu, ada juga program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk pendistribusian beras kepada warga. Meski baru tersalurkan sekitar 40 persen, namun diklaim mampu menjaga harga beras tetap stabil.
Baca juga: Bank Indonesia luncurkan GNPIP di Kabupaten Gorontalo
Baca juga: Gubernur Gorontalo minta TPID bergerak cepat cegah inflasi

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023