Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menekankan kepada para prajurit untuk menjaga sinergitas antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Dudung, saat melakukan kunjungan kerja di Markas Yonif 512/QY, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu menekankan bahwa sinergitas TNI-Polri harus terus dijaga agar tidak ada celah bagi pihak-pihak yang berupaya untuk memanfaatkan situasi untuk memecah belah.

"Sinergi dan soliditas TNI-Polri harus terus dijaga, para unsur pimpinan harus dapat menjalin komunikasi yang baik dan menyampaikan ke anggotanya," kata Dudung.

Dudung menyampaikan, beberapa penekanan untuk dipedomani oleh seluruh prajurit bahwa keberhasilan banyak dipengaruhi berbagai faktor pendukung, salah satunya adalah menjalin hubungan baik dan kerja sama dengan berbagai pihak.

Ia menegaskan, sinergi dengan berbagai komponen bangsa akan membantu keberhasilan tugas. Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa seluruh prajurit diminta untuk tidak mudah terprovokasi oleh isi-isu yang berpotensi memecah belah soliditas dan sinergi antar-instansi.

"Tidak ada celah bagi pihak-pihak yang berupaya memanfaatkan situasi untuk memecah belah kita," ujarnya.

Baca juga: Kasad ingatkan prajurit tak mudah terhasut karena dapat rugikan TNI

Baca juga: Kasad resmikan Yayasan Disabilitas Kartika Mutiara


Didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman, ia menegaskan bahwa peran keluarga juga sangat penting dalam mendukung suami untuk menjalankan tugas negara.

Ia mengingatkan kepada para prajurit bahwa faktor keamanan baik di home base maupun di daerah penugasan merupakan prioritas dalam setiap pelaksanaan tugas. Ia meminta para prajurit untuk bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Laksanakan tugas dengan baik, jaga faktor keamanan dan jaga nama baik satuan, jaga nama baik TNI Angkatan Darat dan jaga nama baik dirimu dan keluargamu," tuturnya.

Usai memberikan pengarahan, Kasad yang juga didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Aslog Kasad, Asrena Kasad dan Danrem 084/BJ meninjau alat dan perlengkapan yang dimiliki Yonif 512/QY.

Dalam kesempatan itu, Kasad melakukan kunjungan kerja di wilayah Malang Raya mulai dari wilayah Kota Batu, untuk memimpin Wisuda 59 Mahasiswa Program Diploma 4 Angkatan IV Poltekad Kodiklatad dan meresmikan Yayasan Disabilitas Kartika Mutiara di Kabupaten Malang.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023