Pulang Pisau, Kalteng (ANTARA News) - Banjir melanda Tiga desa di Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, dalam seminggu terakhir dan belum ada bantuan yang disalurkan untuk penduduk setempat.

"Desa yang terendam banjir ini meliputi Desa Sebangau Mulia, Desa Mekar Jaya dan Desa Panduran Mulia," kata Camat Sebangau Kuala, Sukarja, di Pulang Pisau, Senin.

Banjir tersebut mengakibatkan 329 rumah penduduk di Desa Sebangau Muliya, 215 rumah di Desa Mekar Jaya, dan 85 rumah di Desa Panduran Mulia terendam dengan ketinggian hingga 50 centimeter.

Banjir tersebut juga telah merusak lahan pertanian dan perkebunan warga di desa itu dengan luas lahan pertanian yang rusak diperkirakan sekitar 193 hektar.

"Penduduk mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah kabupaten dan provinsi. Bencana banjir ini sudah kami laporkan secara lisan dan tertulis ke Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pulang Pisau," katanya.

Terpisah Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau Suhaimi dikonfirmasi melalui via telepon juga membenarkan dan mendapat informasi langsung dari Camat Sebangau Kuala baik melalui telepon dan laporan secara tertulis.

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pulang Pisau, akan segera melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan untuk turun kelapangan guna membantu penduduk yang kena musibah.

"Saya sudah melaporkan mengenai banjir ini kepada Bupati Pulang Pisau, H Achmad Amur yang menginstruksikan untuk melakukan koordinasi guna melakukan langkah-langkah membantu penduduk disana," katanya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013