Jakarta (ANTARA) - Para menteri keuangan (menkeu) dan gubernur bank sentral negara anggota ASEAN+3 sepakat memperkuat kerja sama keuangan regional menjadi salah satu berita ekonomi dan finansial kemarin, Rabu (3/5), yang paling banyak dibaca.

Selain itu, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa Bulog mulai mendistribusikan bantuan pangan beras tahap ke-2 kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) juga cukup populer.

Berikut berita-berita ekonomi kemarin yang masih layak disimak pagi ini:

Menkeu dan Bank Sentral ASEAN+3 sepakat memperkuat kerja sama keuangan

Para menteri keuangan (menkeu) dan gubernur bank sentral negara anggota ASEAN+3 sepakat memperkuat kerja sama keuangan regional dalam pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Kawasan ASEAN+3 ke-26, di Incheon, Korea Selatan, Selasa (2/5).

Pasalnya, kawasan harus tetap waspada dengan gejolak sektor perbankan baru-baru ini di Amerika Serikat (AS) dan Eropa, meski memiliki dampak rambatan yang terbatas di ASEAN+3.

Sri Mulyani: Jepang berkontribusi besar bagi ekonomi anggota ASEAN

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai Jepang telah memberikan kontribusi ekonomi yang besar bagi perkembangan anggota ASEAN sepanjang 50 tahun sejarah kemitraan ASEAN-Jepang.

Salah satunya yakni pada tahun 2022, sebanyak 12 persen arus investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Jepang mengalir ke negara-negara ASEAN.​​​​​​​

Wapres Ma'ruf: Zakat dan pajak jadi alat efektif tekan ketimpangan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut zakat dalam ekonomi syariah dan pajak sama-sama menjadi alat efektif untuk menekan ketimpangan.

"Pengembangan ekonomi syariah yang berkontribusi besar untuk mewujudkan keadilan ekonomi, salah satunya adalah zakat. Ekonomi syariah dan pajak sejatinya memiliki nafas yang sama. Keduanya didorong antara lain adalah untuk mengurangi ketimpangan," kata Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta, Rabu.​​​​​​​

Bahlil sebut perdagangan karbon Indonesia terbuka tetapi teregistrasi
​​​​​​​

Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa perdagangan karbon di Indonesia bersifat terbuka untuk semua pelaku usaha, namun harus terlebih dahulu melakukan registrasi lewat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.​​​​​​​

Bahlil menjelaskan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadi lembaga yang ditunjuk untuk melakukan registrasi dan sertifikasi dalam perdagangan karbon, sebelum melakukan perdagangan karbon di bursa karbon.​​​​​​​

Bapanas : Bulog mulai bagikan bantuan pangan beras tahap 2

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa Bulog mulai mendistribusikan bantuan pangan beras tahap ke-2 kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 38 provinsi.

​​​​​​​“Kami tidak ingin ada jeda antara pendistribusian tahap 1 dan 2, mengingat beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang dikonsumsi setiap hari, sehingga saat pendistribusian tahap 1 hampir rampung paralel langsung kami lanjut tahap 2. Tentunya banyak KPM yang sudah menunggu realisasi bantuan tahap ke-2 ini,” ujarnya di Jakarta, Rabu.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023