Saitma (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kasukabe di Jepang menampilkan karakter manga dan anime Crayon Shin-chan dalam peta kota untuk menarik minat pengunjung dan penduduk baru.

Menurut laman Asahi Shimbun, pemerintah Kota Kasukabe mendistribusikan peta panduan yang sampulnya bergambar keluarga Nohara dari serial "Crayon Shin-chan" untuk mempromosikan atraksi turis dan fasilitas publik kota.

Shin-chan si anak TK dan kedua orang tuanya terdaftar sebagai warga khusus di kota itu dan menjadi "pemandu" dalam peta.

Cerita manga dan anime Crayon Shin-chan memang berlatar Kasukabe. Sang pengarang, Yoshitu Usui, besar dan tinggal di kota tersebut hingga maninggal dunia pada umur 51 tahun pada September 2009.
 
Peta panduan yang dibagikan cuma-cuma untuk turis dan warga baru itu berisi peta seluruh kota (skala 1:20.000) dan pemandangan sekitar Stasiun Kasukabe yang diperbesar (1:10.000).

Peta panduan itu juga berisi daftar nomor telepon dan alamat kantor publik, sekolah, taman, dan fasilitas lain.
Ada pula keterangan lokasi toilet bagi orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Pada sisi belakang peta terdapat tabel informasi fasilitas turis, tempat melihat-lihat bunga, festival lokal, dan acara lainnya.

Pemerintah kota menghabiskan 1.33 juta yen untuk menerbitkan 40.000 kopi peta panduan tersebut.

(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013