Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menginginkan harga sejumlah komoditas pangan di Indonesia bagian timur naik agar tidak merugikan peternak dan pedagang, menjadi berita yang populer pada Kamis (4/5/2023) kemarin.

Di samping itu, berita terkait dana hibah kepada Pemerintah Fiji sebesar Rp113,4 miliar juga cukup banyak dibaca.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


Mendag ingin harga komoditas pangan di bagian timur Indonesia naik

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menginginkan harga sejumlah komoditas pangan di bagian timur Indonesia naik pasca-Lebaran agar tidak merugikan peternak dan pedagang.

“Cabai malah murah, justru kalau bisa agak naik deh. Di luar daerah cabe Rp30 ribu, Rp25 ribu (per kilogram). Di Papua aja Rp20 ribu, Makassar Rp25 ribu. Kalau bisa cabe itu Rp40 ribu,” kata Mendag Zulkifli dalam konferensi pers di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis.

  Tempat wisata di Labuan Bajo tetap buka saat KTT ASEAN

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadis Parekraf) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Sony Libing mengatakan bahwa destinasi wisata di Labuan Bajo Manggarai Barat tetap beroperasi meski KTT ASEAN berlangsung pada 9-11 Mei 2023.

"Walaupun KTT ASEAN berlangsung, aktivitas ekonomi kreatif, wisata, tetap berjalan. Kami tidak membatalkan, semua berjalan dengan biasa," ujar Sony saat berbincang dengan ANTARA di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis.

  Pelni: KM Sinabung siap jadi akomodasi gratis selama gelaran KTT ASEAN

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menginformasikan Kapal Motor (KM) Sinabung siap dijadikan akomodasi gratis selama gelaran KTT ke-42 ASEAN, 6-12 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani menyampaikan hal itu saat mengecek ke KM Sinabung di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis.

  Bulog siapkan beras impor jaga stabilisasi harga usai Lebaran

Perum Bulog mencadangkan beras impor yang merupakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk menjaga stabilisasi harga dan pasokan beras usai Lebaran.

“Bulog menjamin kebutuhan beras yang tersimpan saat ini di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia selalu tersedia di masyarakat dan kami akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan dan stabilisasi harga pangan tersebut,” kata Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal di Jakarta, Kamis.

  Sri Mulyani: RI beri dana hibah ke Fiji Rp113,4 miliar sejak 2019

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan Indonesia memberikan dana hibah kepada Pemerintah Fiji sebesar Rp113,4 miliar sejak 2019 hingga nanti pada 2024.

"Dana tersebut dimanfaatkan untuk perbaikan sektor pendidikan dan penanganan pandemi COVID-19," ujar Sri Mulyani dalam akun Instagram resmi @smindrawati seperti dikutip di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023