Dalam mendukung pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN maka Basarnas melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere menggelar operasi SAR Khusus selama berlangsungnya KTT ASEAN di Labuan Bajo
Kupang (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) mengelar operasi SAR khusus Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dalam mendukung pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN maka Basarnas melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere menggelar operasi SAR Khusus selama berlangsungnya KTT ASEAN di Labuan Bajo," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere, Mexianus Bekabel di Maumere, Kamis.

Basarnas Maumere telah mengirim tim rescue dan satu unit kapal operasi yaitu KN SAR Puntadewa 250 serta Rescue Boat 212 Maumere yang diberangkatkan dari Pelabuhan Wuring Maumere Kabupaten Sikka menuju Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat pada Kamis (5/5) untuk berpartisipasi dalam melaksanakan siaga SAR Khusus KTT ASEAN yang berlangsung 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo.

Ia mengatakan sesuai perintah Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi Basarnas Maumere diminta melakukan siaga SAR khusus KTT ASEAN berdasarkan berita SAR yang dikirimkan oleh Kesiapsiagaan Basarnas.

"Kepala Basarnas RI akan bersama-sama tim SAR selama berlangsungnya KTT ASEAN di Labuan Bajo, untuk itu terus mengedepankan semangat quick response SAR dan menjaga kedisiplinan saat melaksanakan siaga SAR KTT ASEAN," kata Mexianus Bekabel.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, Adrianus Firminus Parera yang mewakili Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo saat melepas keberangkatan tim SAR Basarnas Maumere menuju Labuan Bajo mengapresiasi terhadap dedikasi tim SAR Basarnas Maumere yang melaksanakan misi pencarian dan pertolongan di wilayah Kabupaten Sikka maupun daerah lainnya di Pulau Flores, Lembata dan Alor yang merupakan wilayah tugas Basarnas Maumere.

"Pemerintah Kabupaten Sikka menghaturkan terima kasih setinggi-tingginya atas dedikasi tim SAR Basarnas Maumere yang telah melaksanakan misi pencarian dan pertolongan di wilayah Kabupaten Sikka termasuk daerah lain dalam wilayah tugas Basarnas Maumere. Junjung terus nama baik dan tugas mulia Basarnas, terus semangat dalam melaksanakan siaga SAR KTT ASEAN," katanya.

Ia mengatakan operasi khusus siaga SAR KTT ke-42 ASEAN yang dilaksanakan Basarnas di Labuan Bajo merupakan hal yang luar biasa dilakukan Basarnas Maumere.

Basarnas Maumere mengerahkan 42 orang anggota SAR didukung Kapal Negera (KN) SAR Puntadewa 250 dan Rescue Boat 212 Maumere dalam mendukung pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo ujung barat Pulau Flores, demikian Adrianus Firminus Parera ​​​​​​.

Baca juga: Air bersih dipastikan siap dipakai untuk ASEAN Summit di Labuhan Bajo

Baca juga: Parade Negara awali Konferensi Polwan Sedunia di Labuhan Bajo

Baca juga: Polri waspadai potensi bencana di NTT jelang KTT ASEAN 2023

Baca juga: Nelayan di Labuan Bajo diminta Basarnas waspadai gelombang tinggi

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023