Labuan Bajo (ANTARA) - Kapolda Nusa Tenggara Timur Inspektur Jenderal Polisi Johanis Asadoma mengimbau waga masyarakat Manggarai Barat untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo.

"Kami imbau masyarakat turut serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi para delegasi negara ASEAN dan wisatawan domestik maupun internasional yang berkunjung ke Manggarai Barat dari ancaman kriminalitas terutama kejahatan konvensional," kata Johanis membacakan imbauan kamtibmas dalam Deklarasi Dukungan Masyarakat Kabupaten Manggarai Barat untuk Mengamankan dan Menyukseskan KTT ke-42 ASEAN di Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Jumat.

Dalam imbauannya, Johanis meminta masyarakat untuk ikut berpartisipasi memberikan kontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tempat tinggal serta lingkungan masing-masing.

Apabila ada konflik sosial atau adat di wilayah masing-masing, Kapolda NTT meminta agar diselesaikan secara arif dan bijaksana.

"Dengan mengedepankan penyelesaian melalui budaya adat lonto leok atau duduk melingkar," katanya.

Dia berharap masyarakat selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Masyarakat diimbau untuk menghindari hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Bijaksana dalam bermedia sosial, tidak menyebarkan berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat menyesatkan dan memprovokasi masyarakat," katanya berpesan.

Segenap elemen masyarakat yang terdiri dati perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, paguyuban, dan organisasi bersama pemerintah kabupaten serta pihak kepolisian mendeklarasikan dukungan untuk mengamankan dan menyukseskan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Deklarasi itu dihadiri oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Muhammad Fadil Imran, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, segenap unsur Forkopimda Manggarai Barat, dan elemen masyarakat.

Baca juga: Polri dukung deklarasi warga Manggarai Barat sukseskan KTT ASEAN
Baca juga: Siaga SAR khusus KTT ASEAN digelar Basarnas di Labuan Bajo

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023