London (ANTARA News) - "Lincoln", yang mengisahkan upaya Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln menghapus perbudakan dan diperanutamai Daniel Day-Lewis, mendapat sepuluh nominasi BAFTA yang adalah anugerah tertinggi film Inggris.

Kesepuluh nominasi itu termasuk untuk kategori film terbaik, aktor terbaik, aktor pendukung terbaik (Tommy Lee Jones), dan aktris pembantu terbaik (Sally Field).  Namun sutradaranya, Steven Spielberg, tak kebagian nominasi.

Setelah banyak mendapat nominasi untuk Golden Globe, pengukuhan BAFTA ini kian menguatkan film ini dalam menyapu nominasi Oscar yang akan diumumkan Jumat pagi WIB nanti.

"Les Miserables" dan "Life of Pi" menyusul dengan sembilan nominasi BAFTA, lalu "Skyfall" mendapat delapan nominasi, kemudian thriller penyanderaan Iran "Argo" tujuh nominasi dan "Anna Karenina" yang diadaptasi dari novel Rusia berjudul sama mendapat enam nominasi.

Film koboy arahan sutradara Quentin Tarantino "Django Unchained" dan drama penangkapan Osama bin Laden "Zero Dark Thirty", masing-masing memperoleh lima nominasi.  Sedangkan "Amour" besutan sutradara Austria Michael Haneke mendapat empat nominasi, hal yang luar biasa untuk sebuah film tidak berbahasa Inggris.

Aktor terbaik akan diperebutkan selain oleh Daniel Day-Lewis, juga oleh Ben Affleck (Argo), Bradley Cooper (Silver Linings Playbook), Hugh Jackman (Les Miserables) dan Joaquin Phoenix dalam "The Master".

Sedangkan aktris terbaik akan dipersaingkan aktris berumur 85 tahun Emmanuelle Riva (Amour), Helen Mirren (Hitchcock), Jennifer Lawrence (Silver Linings Playbook), Jessica Chastain (Zero Dark Thirty) dan Marion Cotillard (Rust and Bone).

Sementara untuk kategori sutradara terbaik akan jatuh pada antara Haneke dan Affleck, Ang Lee (Life of Pi), Tarantino dan Kathryn Bigelow (Zero Dark Thirty).

Para peraih anugerah BAFTA biasanya mendapat juga anugerah film tertinggi Oscar.  Anugerah yang resminya disebut EE British Academy Film Awards ini akan berlangsung 10 Februari nanti di London, demikian Reuters. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013