Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa jalan rusak di Provinsi Lampung akan diambil alih oleh Kementerian PUPR jika pemerintah daerah tidak memiliki anggaran untuk memperbaikinya, menjadi salah satu berita ekonomi kemarin, Jumat (5/5) yang paling populer.

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan pasar saham pada April 2023 menguat 1,62 persen (month to date/mtd) ke level 6.915,72, dengan dana asing yang masuk Rp12,29 triliun (mtd) dibandingkan Maret 2023 Rp4,12 triliun (mtd), juga cukup banyak dibaca.

Berikut berita-berita ekonomi kemarin yang masih layak disimak pagi ini:

  Presiden sebut jalan rusak di Lampung akan ditangani Kementerian PUPR

Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa jalan rusak di Provinsi Lampung akan diambil alih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat jika pemerintah provinsi maupun kabupaten tidak memiliki kemampuan anggaran untuk memperbaikinya.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi seusai mengunjungi Pasar Tradisional Natar, Lampung Selatan, Jumat.

  BPS catat penyerapan tenaga kerja naik 3,02 juta orang dalam setahun

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penyerapan tenaga kerja meningkat 3,02 juta orang dalam setahun, yakni dari Februari 2022 hingga Februari 2023.

“Terjadi penyerapan tenaga kerja sebanyak 3,02 juta orang dalam setahun. Artinya, penduduk yang bekerja pada posisi Februari 2023 sebanyak 138,63 juta orang,” kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Edy Mahmud di Jakarta, Jumat.

  Jepang revisi aturan ekspor produk kertas Indonesia

Pemerintah Kota Tokyo (Tokyo Metropolitan Government/TMG) kembali merevisi peraturan the Green Procurement Guide (GPG) sehingga lebih objektif serta tidak memberikan hambatan signifikan dan masih memenuhi aspek yang diperlukan dalam pencapaian tujuan.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso menyatakan, perubahan positif ini merupakan bukti keberhasilan Pemerintah Indonesia dalam memperjuangkan kepentingan industri kertas dan membuka peluang yang lebih besar terhadap produk kertas dan hasil hutan Indonesia di Jepang.

  KemenKopUKM genjot platform digital lokal perluas akses pasar UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM menggenjot terciptanya berbagai platform digital skala lokal untuk memperluas akses pasar bagi pelaku UMKM sekaligus mengejar target 30 juta UMKM terhubung ke platform digital pada tahun 2024.

“Selain mendorong UMKM masuk platform digital itu 30 juta, kami juga terus menumbuhkan inisiatif untuk munculnya platform digital dalam skala daerah, lokal atau tertentu yang memberikan kesempatan UMKM sekecil apapun bisa jualan di online,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Jumat.

  OJK: Pasar saham menguat dengan dana asing masuk Rp12,29 triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan pasar saham pada April 2023 menguat 1,62 persen (month to date/mtd) ke level 6.915,72, dengan dana asing yang masuk Rp12,29 triliun (mtd) dibandingkan Maret 2023 Rp4,12 triliun (mtd).

"Secara year to date (ytd), IHSG tercatat menguat sebesar 0,95 persen dengan non resident membukukan net buy Rp18,91 triliun di mana bulan Maret 2023 net buy Rp6,62 triliun ytd," kata Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK Inarno Djajadi dalam konferensi pers bulanan virtual di Jakarta, Jumat.

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023