Beijing (ANTARA) - Presiden Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Thomas Bach mengawali perjalanannya ke China dengan menyaksikan film resmi Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Beijing pada Jumat (5/5).

Diproduksi oleh Zhang Yimou dan disutradarai oleh Lu Chuan, film berjudul "Beijing 2022" itu tayang perdana pada upacara pembukaan Festival Film Internasional Beijing ke-13, dan akan diputar di bioskop mulai 19 Mei.
 
    (Xinhua)


Bach menonton film tersebut bersama para sukarelawan dan tim produksi film. Sebelumnya, Han Zirong, Wakil Presiden dan Sekretaris Jenderal Olimpiade Beijing 2022, menghadiahkan maskot Olimpiade Beijing Bing Dwen Dwen versi spesial Tahun Kelinci kepada Bach. 

"Ini membangkitkan berbagai emosi tentang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 yang begitu luar biasa dan saya pikir semua orang sangat bersemangat melihat para atlet dan sukarelawan menyaksikan berbagai emosi tersebut, kemudian menyaksikan film ini bersama para sukarelawan menjadikannya sebagai momen yang sangat istimewa karena inilah arti dari semangat Olimpiade," kata Bach kepada Xinhua usai penayangan film itu.
 
(Xinhua)


"Anda dapat melihat bahwa para sukarelawan memberikan seluruh hati mereka demi para atlet dan Olimpiade ini. Jadi, bangsa China kembali dapat merasa sangat bangga dengan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 yang begitu luar biasa," tambah Bach.

Ini adalah kunjungan pertama Bach ke China sejak Olimpiade Musim Dingin 2022. Dia juga akan melakukan perjalanan ke Qufu, tempat kelahiran banyak tokoh bijak China, seperti Konfusius dan Mencius, kemudian ke Hangzhou dan Shanghai untuk bertemu dengan para mitra dan atlet Olimpiade.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023