Kota Bogor (ANTARA) - Wali Kota Bogor, Jawa Barat Bima Arya menyatakan menyambut usaha restoran tumbuh di daerahnya yang dikenal sebagai kota kuliner untuk semakin menambah pendapatan asli daerah (PAD) yang kini peningkatannya di atas Jawa Barat dan nasional.

"Jadi data menunjukkan di Bogor saat masa pandemi dimana yang lain drop, disini resto naiknya 300 persen," kata Bima Arya dalam keterangan tertulisnya, saat pembukaan RM Payakumbuah di Jalan Pajajran, Sabtu.

Menurutnya, bahwa pilihan membuka restoran di Kota Bogor merupakan pilihan tepat dan jenius.

Pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor sekarang 5,62 persen di atas Jawa Barat 5,45 persen dan nasional 5,31 persen.

"Jadi di atas Jawa Barat dan nasional dan PAD kota disumbang dari resto dan kuliner, jadi pilihan paling tepat di sini," ujarnya.

Sebagai Padang Food Lovers, Bima Arya mengaku selalu menikmati nasi Padang ketika dalam perjalanan.

Bahkan, menurutnya jika dalam satu pekan tidak menikmati nasi padang seperti kurang lengkap. Dengan adanya bermunculan tempat-tempat ekonomi baru di Bogor, maka itu juga akan menambah PAD bagi Kota Bogor yang juga ditujukan untuk pembangunan dan warga Kota Bogor.

"Saya paling senang kalau ke Sumbar, kemarin itu mungkin ada 6 kali ke sana, wah itu semua muter Padang, Pariaman, Padang Panjang, kemudian Sawahlunto, ada 9-10 kota kita muter dan setiap titik tidak mungkin kita lewati tanpa nyobain masakan padang," katanya.

Pengusaha yang juga seorang youtuber Arief Muhammad yang memilih membuka Rumah Makan (RM) Payakumbuah di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Menurut Arief, Bogor yang dikenal dan identik sebagai kota kuliner membuat ia bersama empat mitranya, yakni Rudiansyah Putra, Zahransyah Al Fath, Leny Marlina, Zalfarisyah Kayla Misaki mendirikan RM Masakan Padang Payakumbuah cabang ke lima di Kota Bogor.

Dalam setiap pembukaan RM Payakumbuah Arief menyebut bahwa penyerapan tenaga kerja mencapai sekitar 60 hingga 100 orang pekerja.

"Karena itu jadi saya pikir kita harus buka di Bogor dan ternyata antusiasnya rame banget dan kita sudah buka selama satu bulan ini, kita happy banget dengan keramaian di Kota Bogor ini. itu lah kenapa Bogor dipilih karena sebagai kota kuliner, jadi harus ada Payakumbuah di sini," katanya

Baca juga: Obama santap habis bakso yang dihidangkan di Bogor
Baca juga: Pemkot Bogor - PHRI sepakat kampanye tidak merokok di restoran
Baca juga: Menikmati masakan Asia di bistro Bogor
Baca juga: Pizza Marzano buka restoran pertamanya di Bogor

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023