kita perlu mendorong keluarga dan kerabat kita agar mau membeli dan menggunakan barang-barang buatan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Komitmen Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk terus mendukung pengembangan produk-produk lokal agar bisa menjadi kebanggaan nasional menjadi salah satu berita kemarin, Sabtu (6/5) yang cukup banyak dibaca.

Di samping itu, berita Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pengerjaan sejumlah ruas jalan yang rusak berat di Lampung akan dimulai pada Juli 2023 juga cukup populer.

Berikut berita-berita ekonomi kemarin yang cukup populer dan masih layak disimak pada Minggu ini:

  Kemenperin komitmen kembangkan produk lokal jadi kebanggaan nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan produk-produk lokal agar bisa menjadi kebanggaan nasional.


Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo dalam kegiatan “Bangga Total Kenal Produk Lokal” yang dihadiri oleh para pelaku industri kecil dan pemengaruh di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (5/5) menegaskan upaya yang dilakukan antara lain terus mendorong penerapan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) hingga memfasilitasi para pelaku industri.

  Menteri PUPR sebut pengerjaan jalan di Lampung dimulai Juli

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pengerjaan sejumlah ruas jalan yang rusak berat di Lampung akan dimulai pada Juli 2023.

"Jadi jalan rusak ini sejak awal tahun menjadi perhatian kita bersama, dan Presiden telah mengeluarkan instruksi Presiden (Inpres) terkait penanganan jalan yang rusak, bukan jalan nasional tapi khusus jalan daerah di seluruh Indonesia," kata Basuki Hadimuljono, di Lampung Tengah, Jumat (5/5) malam.

  AP II layani 5,3 juta penumpang selama periode angkutan Lebaran 2023

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara yang dikelola mencapai 5,3 juta orang selama periode angkutan Lebaran 2023 sejak 12 April hingga 3 Mei 2023.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari proyeksi awal sebanyak 5,25 juta penumpang.

  BRI kontributor terbesar dividen BUMN 2022

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjadi kontributor terbesar dividen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2022 yang sebesar Rp80,2 triliun.

Dari total tersebut, BRI berkontribusi sebesar Rp23,15 triliun atau 59,97 persen. Kontribusi optimal perseroan tak lepas dari kinerja gemilang sepanjang 2022 dengan pencapaian laba sebesar Rp51,41 triliun, terbesar di antara BUMN perbankan lainnya.

  Uni Eropa hentikan penyelidikan antisubsidi asam lemak asal Indonesia

Otoritas Uni Eropa telah menghentikan penyelidikan antisubsidi terhadap produk asam lemak (fatty acid) asal Indonesia, keputusan tersebut ditetapkan Komisi Eropa melalui Commission Implementing Decision (EU) 2023/617 tertanggal 17 Maret 2023.

Menanggapi keputusan penghentian penyelidikan tersebut, Menteri Perdagangan (Kemendag) RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa hasil tersebut tidak lepas dari upaya Kemendag yang berpartisipasi aktif dan bersikap kooperatif di setiap tahapan penyelidikan.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023