Di semua venue kami fasilitasi UPS, membangun sistem yang didukung dengan genset, kemudian pasokan listrik dari PLN yang berlapis
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - PT PLN (Persero) menjaga keandalan sistem kelistrikan di 16 titik lokasi (venue) penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Di semua venue kami fasilitasi UPS, membangun sistem yang didukung dengan genset, kemudian pasokan listrik dari PLN yang berlapis," kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam Apel Siaga Kelistrikan PLN untuk KTT Ke-42 ASEAN di Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Rangko, Desa Tanjung Bunga, Boleng, Manggarai Barat, Ahad.

Titik pengamanan pada 16 titik dibagi dalam dua kriteria yakni kriteria pengamanan lapis tiga dan kriteria pengamanan lapis dua.

Untuk pengamanan lapis tiga, PLN menyediakan keandalan listrik pada lokasi utama KTT Ke-42 ASEAN yakni Hotel Meruorah Labuan Bajo dan Hotel Ayana Labuan Bajo.

Selanjutnya, pengamanan listrik lapis tiga juga dilakukan pada penginapan VVIP yakni Hotel Ayana, Sudamala Resort, Plataran Komodo, Meruorah Komodo, Hotel Sylvia, Hotel Bintang Flores dan Hotel La Prima.

Pengamanan listrik lapis tiga juga diberlakukan pada terminal Bandara Komodo, VVIP Bandara, MICE Tanamori dan Puncak Waringin.

Baca juga: PLN pastikan kesiapan listrik 100 persen di semua lokasi ASEAN Summit

Baca juga: UMKM Rumah BUMN PLN menembus pasar Korea dan Tiongkok


Selain lapis tiga, PLN memberikan pengamanan lapis dua pada RSUD Rujukan Komodo, RS Siloam, Posko Keamanan Siaga seperti Polres Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Koramil Komodo Manggarai Barat, Paspampres dan Command Center PLN.

Guna menjamin pasokan listrik yang andal pada venue prioritas, PLN melakukan pengamanan supply venue yang terdiri dari Uninterruptible Power Supply (UPS) 70 unit, sistem jaringan Labuan Bajo, dan unit gardu bergerak 35 unit.

Selain itu ada pula genset PLN 31 unit, petugas siaga 576 orang, dan kendaraan operasional 93 unit.

"Untuk semua venue kami memastikan membangun sistem Zero Down Time (tanpa kedip)," ucapnya.

Apel Siaga Kelistrikan PLN untuk Pengamanan KTT ke-42 ASEAN diikuti oleh para personel yang bersiaga dalam kegiatan internasional tersebut.

Apel dihadiri pula oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Manggarai Barat.

KTT Ke-42 ASEAN akan berlangsung mulai tanggal 9 Mei sampai 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Baca juga: PLN menyatakan dua SPKLU 200 kilowatt di Puspem Badung siap dipakai

Baca juga: PLN sediakan 616 SPKLU di seluruh Indonesia

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023