Pemerintah harus terus mendukung investasi peningkatan kualitas kesehatan nasional
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI M Nabil Haroen mendorong pembenahan sistem kesehatan nasional, usai dicabutnya status darurat kesehatan global untuk COVID-19.

"Perlu terus bekerja untuk membenahi sistem kesehatan nasional," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan saat pandemi sudah terjadi lompatan perbaikan dalam sektor kesehatan sehingga ke depannya, harus terus menerus dilakukan perbaikan dalam sisi riset, peningkatan sumber daya manusia, hingga infrastruktur kesehatan nasional.

"Pemerintah harus terus mendukung investasi peningkatan kualitas kesehatan nasional," katanya menegaskan.

Baca juga: Menkes temui pimpinan WHO Mei tahun ini diskusikan status endemi

Gus Nabil mengingatkan meski status darurat kesehatan atas COVID-19 sudah dicabut, tapi semua pihak tetap harus waspada.

Dia menegaskan pencabutan status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) ini bukanlah menandakan COVID-19 tidak ada.

"Ancamannya nyata, masih berpotensi mematikan dan bahkan bisa lebih serius, ancaman long covid juga berbahaya. Maka, harus ada keseriusan untuk sama-sama menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan, dan keseimbangan alam raya," pesannya.

Selain itu, Gus Nabil juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang terus bersama-sama dengan pemerintah dan pelbagai unsur, bertahan di tengah badai pandemi.

Baca juga: Kemenkes siapkan transisi akhiri kedaruratan COVID-19 di Indonesia
Baca juga: Wakil Ketua MPR RI: Tetap waspada meski pandemi sudah berakhir

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023