Semoga bisa kita manfaatkan lahan KTN ini, tanah negara ini, untuk kesejahteraan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerja sama dengan Universitas Tidar untuk mendukung keberhasilan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan mitra deradikalisasi di Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) Bansari, Temanggung, Jawa Tengah.

"Semoga bisa kita manfaatkan lahan KTN ini, tanah negara ini, untuk kesejahteraan masyarakat, konservasi, pelestarian alam, dan juga penelitian," ujar Kepala BNPT RI Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Rycko pun mengucapkan apresiasi kepada Universitas Tidar yang telah menunjukkan komitmen untuk membantu pemanfaatan lahan KTN.

Menurut Jenderal Bintang Tiga Kepolisian ini, sudah sewajarnya seluruh elemen bangsa ikut membantu pemanfaatan lahan KTN mengingat KTN memiliki andil yang penting dalam proses deradikalisasi.

Baca juga: BNPT apresiasi komitmen Pemkot Surakarta libatkan mitra deradikalisasi

KTN diharapkan berhasil memberikan kesempatan mitra deradikalisasi untuk berbaur dengan masyarakat, sekaligus meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonomi.

"Kita berikan kesempatan kepada kawan-kawan kita (mitra deradikalisasi) untuk dapat kesempatan berusaha, bergabung dengan masyarakat, melakukan kohesi sosial, serta meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonomi," tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Tidar Prof. Dr. Sugiyarto mengatakan pihaknya telah siap mendukung KTN Temanggung, baik dari segi dukungan pelatihan dan juga penelitian.

"Kami siap mendukung pemanfaatan lahan KTN untuk masyarakat Temanggung dan program deradikalisasi BNPT RI. Kami pun bersinergi satu dan lainnya,” ujar Sugiyarto.

Sebagai contoh, kesiapan lembaga pendidikan swasta ini untuk mendukung program KTN Temanggung, dibuktikan dengan pembukaan delapan program studi (prodi) baru yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan pertanian seperti teknologi pangan, agrobisnis, dan lain sebagainya.

Pihaknya juga memiliki laboratorium terpadu dan alat pengolahan biji kopi yang siap menampung dan memproses hasil kopi dari kawasan KTN Temanggung.

Baca juga: BNPT dan Universitas Tidar kerja sama cegah terorisme
Baca juga: Kepala BNPT dorong peran mitra deradikalisasi di masyarakat

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023