Saya tahu banyak dokter spesialis yang mengambil beasiswa, fellowship untuk spesialis dan subspesialis
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dapat digunakan untuk mewujudkan perbaikan bidang pendidikan kesehatan, termasuk melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Menkeu menghadiri peluncuran program Fellowship Dokter Spesialis Dalam dan Luar Negeri yang merupakan kerja sama LPDP Kementerian Keuangan dengan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin.

“Fellowship untuk dokter salah satu bagian saja dari LPDP. Saya tahu banyak dokter spesialis yang mengambil beasiswa, fellowship untuk spesialis dan subspesialis,” kata Sri Mulyani dalam acara daring diikuti di Jakarta, Senin.

Pada 2010, pemerintah mengalokasikan 20 persen dari APBN untuk bidang pendidikan, dengan alokasi untuk LPDP mulanya hanya Rp1 triliun, yang kini telah dikelola hingga mencapai Rp140 triliun.

Selain mengikuti fellowship, Sri Mulyani juga berharap terdapat program training of trainers untuk para dokter agar dapat segera memenuhi kebutuhan bagi lebih dari 270 juta masyarakat Indonesia.

Baca juga: Menkeu ajak JBIC tingkatkan peran dalam mekanisme transisi energi

Baca juga: Menkeu: Alokasi belanja PUPR bangun jalan di Lampung Rp588,7 miliar


“Dipikirkan agar ilmu dan pengalaman bisa di-capture dan bisa diberikan kepada yang lain. Mekanisme kontrak dokter yang praktik di fakultas kedokteran dan rumah sakit juga bisa diatur,” katanya.

Ia juga meminta agar LPDP dan Kementerian Kesehatan membuat program khusus untuk memasukkan secara bersamaan dokter-dokter yang mengambil pendidikan spesialis di salah satu kampus terbaik dunia agar biaya yang harus dibayar juga lebih murah.

“Dengan itu, kita juga bisa meningkatkan kualitas dokter kita, sehingga tidak hanya banyak, tapi kualitasnya juga terjaga.

Investasi untuk sektor kesehatan yang disalurkan di tengah pandemi COVID-19 kepada rumah sakit di bawah kementerian, kepolisian, universitas negeri, dan pemerintah daerah juga diharapkan dapat dioptimalkan dengan kerja sama antara rumah sakit.

“Kalau bisa, rumah sakit-rumah sakit bersinergi dan jangan bersaing. Karena kita menjadi lebih kuat kalau bersama-sama,” katanya.

Baca juga: Menkeu: Perbaikan tenaga kerja cerminkan perekonomian RI terus terjaga

Baca juga: Menkeu: Capaian prioritas ekonomi Keketuaan ASEAN beririsan dengan G20


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023