Bagi yang belum lolos jalur SPAN-PTKIN pun bisa mendaftar melalui jalur UM-PTKIN. Pada jalur ini calon peserta ujian harus membayar biaya pendaftaran Rp200 ribu dengan pilihan maksimal tiga program studi (prodi)
Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang bisa diikuti siswa kelas 12 maupun lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat tahun 2021 dan 2022.

"Setelah sukses menjadi nomor satu dengan pendaftar terbanyak pada jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN)-PTKIN tahun 2023, UIN Sunan Kalijaga juga membuka jalur UM-PTKIN menggunakan ujian berbasis SSE," kata Ketua Admisi UIN Yogyakarta Aulia Faqih Rifa'i dalam Sosialisasi SPAN UM-PTKIN di Yogyakarta, Senin.

Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai rapor dan portofolio, proses seleksi UM-PTKIN berbasis SSE sehingga ujiam dilaksanakan menggunakan komputer online-onsite.

"Bagi yang belum lolos jalur SPAN-PTKIN pun bisa mendaftar melalui jalur UM-PTKIN. Pada jalur ini calon peserta ujian harus membayar biaya pendaftaran Rp200 ribu dengan pilihan maksimal tiga program studi (prodi)," katanya.

Baca juga: UIN Yogyakarta peringkat pertama PTKIN paling diminati calon mahasiswa

UIN Sunan Kalijaga yang merupakan satu-satunya PTKIN terakreditasi Unggul, saat ini memiliki 65 prodi, yang terdiri dari 41 prodi jenjang sarjana (24 prodi keagamaan dan 17 prodi umum), 18 prodi jenjang magister, serta enam prodi untuk jenjang doktor.

Sebelum ujian SSE pada 29 Mei sampai 8 Juni 2023, peserta akan mengikuti uji coba SSE  pada 22-24 Mei untuk simulasi guna memastikan saat ujian nanti berjalan lancar.

Untuk hasil UM-PTKIN akan diumumkan pada 23 Juni 2023.

Pada jalur UM-PTKIN, UIN Sunan Kalijaga menyediakan 1.364 kuota untuk 24 prodi keagamaan. 

Baca juga: UIN Yogyakarta inisiasi tingkatkan akreditasi internasional PTKIN
 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023