kebakaran tersebut berasal dari lantai dua bangunan, bukan dari lantai dasar yang merupakan ruang produksi cat
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 35 unit pemadam beserta 150 personel  Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta memadamkan kebakaran kantor peracik cat di Jalan Bandengan Utara Raya, Penjaringan, Jakarta Utara sekitar pukul 14.15 WIB, Senin.

"Kami sudah mengerahkan sekitar 35 unit dengan jumlah personel sekitar 150 orang. Saat ini titik api sudah berhasil kami lokalisir," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan di Jakarta Utara, Senin.

Satriadi menerangkan proses pemadaman api belum usai selama hampir tiga jam karena cat merupakan material kimia yang mudah terbakar dan  petugas kesulitan mencari sumber air di sekitar lokasi.

Namun, ketika sumber air ditemukan, petugas Dinas Gulkarmat DKI Jakarta langsung sigap melokalisir titik api. Berbagai alat pemadaman khusus seperti penyemprot busa (foam) hingga mekanisme pemadaman dari udara menggunakan stik pun dilakukan sebagai upaya pemadaman.

Belum diketahui total kerugian maupun penyebab pasti kebakaran tersebut. Namun satu orang petugas pemadaman sempat dievakuasi petugas medis ke rumah sakit terdekat karena terkilir pada saat melakukan pemadaman.

Menurut Satriadi, luas area yang terbakar sekitar 2.100 meter persegi. Saat ini tinggal setengah sisi bangunan lagi yang belum dipadamkan oleh petugas di lapangan. Kendalanya adalah konstruksi bangunan yang rapuh akibat terbakar, sehingga menyulitkan untuk masuk ke dalam.

Untungnya, dua mobil tangki tiner dari lokasi berhasil diamankan untuk mencegah terkena api yang dapat memicu ledakan.

Menurut karyawan pabrik A (43), rekannya S melihat kebakaran tersebut berasal dari lantai dua bangunan, bukan dari lantai dasar yang merupakan ruang produksi cat.

Adapun kronologi dari kebakaran tersebut, kata dia, S melihat asap tebal dari dalam plafon atas lantai dua bangunan sekitar pukul 14.00 WIB.

Melihat ada asap dari plafon lantai dua, seluruh karyawan pabrik di lantai dua langsung ke luar menyelamatkan diri. Sementara S yang bertahan di lantai dua tersebut berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan.

Tetapi api semakin membesar karena material yang mudah terbakar sehingga S langsung menghubungi Sudin Gulkarmat Jakarta Utara untuk meminta bantuan.

Dia juga memastikan  saat berupaya menyelamatkan diri, di lantai atas bangunan sudah tidak terdapat karyawan.

Diketahui isi ruangan di lantai dua bangunan yang terbakar adalah berbagai peralatan kantor seperti komputer dan peralatan administrasi perkantoran.

Api diduga pertama muncul saat karyawan sedang beristirahat sekitar jam 12.00 - 13.00 WIB. Adapun jam kerja berlangsung dari 07.30 hingga 16.30 WIB.
Baca juga: Warga DKI Jakarta diminta mitigasi kebakaran saat mudik
Baca juga: Ruko Bank Danamon di Duren Sawit terbakar
Baca juga: Sepuluh orang jadi korban kebakaran rumah di Jagakarsa

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023