Beijing (ANTARA) - Industri logistik China berkembang lebih lambat pada April 2023, namun perusahaan-perusahaan tetap optimistis terhadap prospek sektor ini karena pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan konsumsi liburan diperkirakan akan meningkatkan aktivitas logistik.

Indeks yang melacak kinerja pasar logistik negara itu mencapai 53,8 persen pada April, turun 1,7 poin persentase dari bulan sebelumnya, tunjuk data dari Federasi Logistik dan Pembelian China (China Federation of Logistics and Purchasing/CFLP).

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sedangkan angka di bawah 50 mencerminkan penyusutan.

He Hui, kepala ekonom CFLP, mengaitkan penurunan tipis indeks tersebut dengan fluktuasi musiman karena pemulihan yang kuat dari sektor logistik pada bulan-bulan sebelumnya menyebabkan basis yang relatif tinggi.

"Perusahaan logistik besar dan menengah mencatat permintaan bisnis mereka tetap stabil bulan lalu, sementara perusahaan kecil dan mikro di sektor ini mengalami penurunan permintaan pada April dibandingkan dengan bulan sebelumnya," katanya.

Subindeks untuk pesanan baru mencapai 52,3 persen pada April, turun 1,4 poin persentase dalam basis bulanan (month on month).

Ke depannya, perusahaan logistik optimistis terhadap prospek sektor ini karena permintaan yang didukung oleh pemulihan ekonomi China dan konsumsi selama liburan diperkirakan akan meningkat secara bertahap.

Subindeks yang melacak ekspektasi aktivitas bisnis sektor ini berada pada level tinggi di atas 55 persen.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023