Para staf hotel juga sudah diberikan training agar dapat mengedepankan pelayanan dengan keramahtamahan khas Indonesia, namun dengan standar internasional,
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan seluruh fasilitas utama dan pendukung hingga sumber daya manusia di Hotel Meruorah siap menyambut kehadiran tamu negara para kepala negara, menteri, dan delegasi lainnya selama KTT ke-42 ASEAN.

"Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo (NTT) yang resmi didirikan tahun 2020 lalu mendapatkan kesempatan sebagai venue utama perhelatan besar skala internasional, khususnya kawasan Asia Tenggara. Tentu kami telah mempersiapkan dan melakukan peninjauan lebih lanjut baik dari segi fasilitas maupun pelayanan," kata Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Adapun Hotel Meruorah berlokasi di Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo. Hotel milik ASDP yang dikelola anak usaha PT Indonesia Ferry Property (IFPRO) dan dioperasikan oleh PT Hotel Indonesia Group (HIG) itu akan digunakan sebagai lokasi utama KTT ASEAN untuk kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) serta akomodasi bagi para delegasi.

"Para staf hotel juga sudah diberikan training agar dapat mengedepankan pelayanan dengan keramahtamahan khas Indonesia, namun dengan standar internasional," lanjut Shelvy.

Ia mengatakan Hotel Meruorah juga telah bekerja sama dengan para UMKM lokal hingga pihak-pihak yang profesional dalam menangani penyajian menu makanan dan minuman.

"Untuk memberikan value added bagi masyarakat setempat, kami juga berkolaborasi dengan sejumlah UMKM lokal dalam pasokan kebutuhan bahan baku makanan yang telah teruji higienis. Kemudian untuk ornamen rotan dan kain tenun khas NTT yang disediakan secara eksklusif untuk melengkapi tiap kamar hotel juga merupakan hasil kerja sama dengan para pelaku usaha lokal," ujarnya.

Sebagai tempat kegiatan MICE dan akomodasi KTT ASEAN, Hotel Meruorah menyediakan 145 kamar dan dilengkapi dengan multifunction hall berkapasitas 1.000 orang serta komersial Plaza Marina Labuan Bajo.

Beberapa fasilitas unggulan di hotel tersebut, di antaranya bayfit fitness center yang menghadap ke perbukitan Labuan Bajo, infinity pool hingga area komersial terpadu yang terdiri dari dermaga ferry dan marina berkapasitas sandar 134 berth, beach club yang mampu menampung 450 orang, gerai makanan dan minuman atau food and beverage (F&B), toko obat, toko pakaian, minimarket, ATM dan bank serta toko seni milik para UMKM.

"Harapan kami, kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat baik strategis maupun langsung, utamanya dalam mempromosikan keindahan Labuan Bajo dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja hingga pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Manggarai Barat serta memberikan pengalaman unik bernuansa keramahtamahan Indonesia bagi para tamu dan delegasi yang hadir," ujar Shelvy

Sebelumnya, Hotel Meruorah juga mendapatkan kepercayaan dalam pelaksanaan gelaran International Association Women Police (IAWP) pada 2021 lalu dan enam side event G20 setingkat menteri, di antaranya Asia International Week Water (AIWW), 1st TWG Meeting, SAI20, 2nd ETWG Meeting, 2rd Sherpa Meeting, dan 3rd DEWG Meeting.

Baca juga: Jokowi tinjau Waterfront Marina Labuan Bajo jelang KTT ASEAN ke-42
Baca juga: BMKG optimalkan alat MAWS untuk cuaca maritim saat KTT ke-42 ASEAN
Baca juga: BSSN: Koordinasi dan kolaborasi kunci pengamanan siber KTT ke-42 ASEAN

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023