Kami tidak hanya menciptakan lapangan kerja untuk mendukung pariwisata Turki dan Indonesia tapi juga ingin memperkuat bidang pariwisata dari segi ilmu pengetahuan
Jakarta (ANTARA) - Head of the Human Resouces Office of the Presidency of the Republic of Türkiye Salim Atay mengungkapkan peluang kerja sama antara Indonesia dan Turki di sejumlah bidang, salah satunya untuk memajukan pariwisata di Indonesia.

Salim mengungkapkan baik Indonesia maupun Turki merupakan negara yang sama-sama memiliki potensi pariwisata yang besar. Masing-masing negara juga merupakan destinasi pariwisata favorit warga kedua negara lantaran banyak warga Indonesia yang berlibur ke Istanbul dan Cappadocia, sebaliknya, banyak pula orang Turki yang berlibur ke Indonesia.

“Kami tidak hanya menciptakan lapangan kerja untuk mendukung pariwisata Turki dan Indonesia tapi juga ingin memperkuat bidang pariwisata dari segi ilmu pengetahuan. Jadi, bagaimana kami ingin melakukan transfer pengetahuan soal pariwisata, misalnya lewat investasi di pariwisata,” katanya kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Salim mengemukakan Pemerintah Turki sangat terbuka untuk bisa bekerjasama dengan Indonesia, khususnya di sektor pariwisata.

Ia berharap Duta Besar Turki untuk Indonesia yang baru, Talip Küçükcan, akan dapat membuka kesempatan kerja sama di bidang tersebut ke depan.

“Indonesia punya potensi yang besar di bidang ini dan merupakan negara yang sangat besar terkait pariwisata di dunia. Kami sangat terbuka untuk kerja sama dengan Indonesia,” tuturnya.

Selain di bidang pariwisata, kerja sama antara Turki dan Indonesia juga didorong di sejumlah sektor lain seperti industri pertahanan, pertanian, hingga kesehatan.

“Sekarang banyak orang berobat ke Turki. Kami merupakan negara dengan teknologi kesehatan yang maju di dunia, dan Turki punya dokter terbaik. Sekarang juga banyak orang Eropa berobat ke Turki. Untuk bidang ini kita bisa bekerjasama,” katanya.

Salim memastikan ingin terus mempererat hubungan antara Turki dan Indonesia. Sebagai sesama negara anggota G20, ia menilai ada banyak potensi kerja sama yang bisa dicapai.

Salah satu yang tengah dilakukan yakni dengan memperkenalkan perusahaan-perusahaan global asal Turki kepada generasi muda Indonesia melalui bursa karir TalentforBIZ yang digelar di Jakarta.

Melalui kegiatan tersebut, Pemerintah Turki ingin mencari talenta muda terbaik Indonesia untuk bisa bergabung dan berkarir di perusahaan Turki baik untuk program magang maupun kerja profesional.

“Kami bisa memperkuat hubungan dengan Indonesia dan ASEAN. Indonesia juga merupakan negara muslim terbesar di dunia dan kami ingin mempererat hubungan dengan Indonesia di segala sektor,” kata Salim Atay.

Baca juga: Perusahaan Turki cari talenta muda Indonesia lewat TalentforBIZ
Baca juga: Pertamina Dumai sabet penghargaan internasional di Turki

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023