Banjarbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel) mengembangkan industri kecil menengah(IMK) kue kering berbahan baku ikan. 

“Kalsel  khususnya Kabupaten Banjar memiliki sumber kekayaan ikan yang cukup besar, karena itu menggelar pelatihan pengolahan kue kering menggunakan bahan utama ikan," kata Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Dinas Perindustrian Kalsel, Saptono di Kabupaten Banjar, Senin. 

Ia berharap, tak hanya jenis ikan tertentu saja untuk diolah menjadi kue kering namun masyarakat  nantinya mampu mengolah berbagai jenis ikan menjadi berbagai macam produk makanan kering.
​​​​​​​
Saptono mengatakan, kesejahteraan masyarakat lokal akan terus meningkat setelah memahami dengan baik proses pengolahan kue kering berbahan ikan tersebut.

Dia menyebutkan, minat masyarakat terhadap kue kering cukup tinggi, ini menjadi peluang bagi para IKM untuk memproduksi pangan ini. 

Lebih lanjut Saptono mengatakan, potensi sumber saya alam (SDA) di Kalimantan Selatan belum mampu diolah dengan maksimal.

Sementara  pengetahuan masyarakat terkait teknologi dan penggunaannya masih dianggap kurang.

Masyarakat di Kalsel masih perlu diarahkan salah satunya untuk membentuk sentra IKM dan membina cara pengolahan nya.

Saptono berharap, upaya Pemprov mampu menumbuhkan minat generasi muda untuk menekuni usaha tersebut karena selain memiliki teknologi maju juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Keberadaan Industri Kecil dan Menengah (IMK) di Kalsel memiliki prospek jangka panjang untuk berkembang serta diminta dapat menumbuhkan imajinasi mengolah potensi yang ada di daerah setempat.


 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023