Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping, yang juga menjabat Sekjen Komite Sentral Partai Komunis China (CPC), pada Senin (8/5) bertemu dengan para perwakilan untuk Konferensi Persahabatan Asosiasi Perantau Tionghoa Sedunia ke-10 di Balai Agung Rakyat di Beijing.

Atas nama Komite Sentral CPC dan Dewan Negara China, Xi menyampaikan sambutan hangat kepada para perwakilan tersebut dan menyampaikan salam yang tulus kepada warga Tionghoa perantauan di seluruh dunia.

Wang Huning, Anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC sekaligus Ketua Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC), dan Cai Qi, Anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC sekaligus Direktur Kantor Umum Komite Sentral CPC, turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Berpidato pada upacara pembukaan konferensi pada Senin itu, Shi Taifeng, Anggota Biro Politik Komite Sentral CPC sekaligus Kepala Departemen Kerja Front Persatuan Komite Sentral CPC, menyampaikan harapan agar warga Tionghoa perantauan bekerja sama untuk melakukan aksi dalam visi membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, secara aktif memajukan perdamaian dunia, pembangunan global, dan kerja sama yang saling menguntungkan, serta memajukan persahabatan dan pertukaran antara China dan negara-negara lain.

Konferensi Persahabatan Asosiasi Perantau Tionghoa Sedunia ke-10 dihadiri oleh hampir 500 anggota terkemuka asosiasi warga Tionghoa perantauan dari 130 lebih negara dan kawasan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023