Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mulai melakukan pengamanan di wilayah perairan laut dan udara selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Pengamanan dilakukan hingga tanggal 11 Mei 2023. Basarnas kerahkan 40 personel," kata Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa.

Sebanyak 40 personel Basarnas berasal dari Tim Rescue Basarnas Maumere, Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan, serta Basarnas Special Group (BSG).

Pengamanan Basarnas nantinya dilakukan pada sektor laut Pulau Rinca dengan mengerahkan satu unit Kapal rescue boat 212 Maumere.

Selanjutnya pengamanan sektor laut utara Pulau Seraya dengan mengerahkan Kapal KN SAR Puntadewa 250, Perairan Hotel Merourah dan Hotel Ayana menggunakan RIB Pos SAR Manggarai Barat, dan perairan di belakang Hotel Bintang Flores dengan rubber boat Pos SAR Manggarai Barat.

Sedangkan Heli Dauphin Basarnas HR 3606 bersiap di Plataran Hotel Komodo, serta Tim Rescue bersiap di Posko Evakuasi yang berada di DPRD Kabupaten Manggarai Barat.

Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi sendiri telah melakukan pengecekan kesiapan personel Kantor SAR Maumere dan Pos SAR Manggarai Barat serta alat angkut pengamanan pada Minggu.

Ada dua Satuan Tugas (Satgas) yang terbentuk yakni Satgas Pelabuhan di Pelabuhan Marina dan Dermaga Wae Kelambu Pelabuhan Multipurpose, serta Satgas Udara Basarnas di Helipad Plataran Komodo.

Dia pun meminta personel untuk meningkatkan koordinasi dalam menjalankan tugas pengamanan tersebut.

"Junjung jiwa disiplin serta tingkatkan koordinasi dan sinergisitas dalam mengemban tugas tersebut," katanya berpesan.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau Media Center KTT ASEAN

Baca juga: Pesawat tempur F-16 disiagakan di Lanud El Tari selama KTT ASEAN


 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023