Tangerang Selatan (ANTARA) - Salah satu UMKM binaan Kementerian Keuangan Provinsi Banten, PT Persatuone Komoditas Indonesia dengan brand Cartenz Cocoa melepas ekspor perdana 28 ton bubuk kakao/coklat yang dikirim ke India dan Turki, Jumat (05/05).

Terlaksananya ekspor perdana ini tak lepas dari asistensi Kementerian Keuangan Banten terhadap UMKM Cartenz Cocoa pada bulan Februari dan April 2023. Asistensi ekspor tersebut berupa penelitian kelengkapan dokumen ekspor dan persyaratan teknis lainnya yang berkaitan dengan tata laksana kepabeanan serta yang berkaitan dengan perpajakan perusahaan. 

Hasilnya pada bulan Maret 2023 Cartenz Cocoa berhasil mengirim barang sample berupa bubuk kakao ke Turki sebanyak satu kilogram. Sebagai tindak lanjut dari pengiriman sample tersebut, Cartenz Cocoa kemudian berhasil melakukan ekspor perdana dengan mengirim 11 metrik ton bubuk kakao ke India dan 17 metrik ton ke Turki.

Pimpinan PT Cartenz Cocoa, Dennis, menyampaikan semangat untuk melakukan ekspor bermula ketika mengikuti event UMKM Week yang digagas Bea Cukai di tahun 2022 dan menghadirkan Menteri Keuangan. 

“Luar biasa dukungan Bea Cukai, khususnya di Kanwil Banten untuk mendukung UMKM. Dari awal sudah didukung, dibina, dan akhirnya berhasil melakukan ekspor. Apa yang kami raih bukan keberhasilan kami saja sebagai perusahaan namun keberhasilan kita semua,” ujarnya. 

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio, yang juga bertindak sebagai Ketua Pokja Teknis Joint Program UMKM Kemenkeu Satu Banten, pada Selasa (09/05), mengatakan ekspor perdana Cartenz Cocoa ini merupakan bukti nyata dari sinergi Kementerian Keuangan Banten untuk UMKM di wilayah Provinsi Banten. 

“Kementerian Keuangan melalui semua unit vertikalnya akan terus menerus melakukan upaya pembinaan dan dukungan kepada para pelaku UMKM khususnya di Provinsi Banten, karena dengan kuatnya perekonomian kerakyatan, UMKM bangkit, ekonomi Indonesia terungkit, pada gilirannya dapat mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat," papar Rahmat.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023