Kupang (ANTARA) - Markas Besar TNI Angkatan Udara menyiagakan dua unit pesawat C212 untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca guna mendukung pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN yang puncaknya mulai digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, pada Selasa hingga Kamis (11/5).

"Jadi, memang selain pesawat tempur dan pesawat Hercules, kami juga siapkan dua unit pesawat untuk modifikasi cuaca," kata Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono kepada wartawan di Lanud El Tari Kupang, Selasa.

Hal ini disampaikan Marsdya Tonny Harjono saat menyambut kedatangan tiga unit pesawat tempur milik TNI AU jenis F-16 yang tiba di Lanud El Tari Kupang dalam rangka pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Baca juga: Pesawat tempur F-16 disiagakan di Lanud El Tari selama KTT ASEAN

Dia mengatakan bahwa dua unit pesawat C212 itu kini siaga di Bandara Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, untuk mengamati cuaca di daerah sekitar.

"Pelaksanaan TMC (teknologi modifikasi cuaca) ini bertujuan agar kegiatan KTT ASEAN tidak terhambat karena adanya perubahan cuaca," tambah dia.

Tonny menambahkan kehadiran TNI AU tidak hanya dalam pengamanan wilayah udara, tetapi juga untuk hal-hal lain, salah satunya adalah modifikasi cuaca.

Baca juga: Basarnas lakukan pengamanan laut dan udara selama ASEAN Summit

Dia pun berharap pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo dapat berjalan dengan aman dan damai serta tidak ada gangguan apa pun.

Marsdya Tonny juga berharap masyarakat di Labuan Bajo dan sekitarnya tetap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

"Ini adalah kegiatan internasional sehingga mari kita sukseskan acara KTT ASEAN ini, dan menjaga sama-sama sehingga berjalan aman dan lancar," ujar dia.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau Media Center KTT ASEAN
Baca juga: Mahfud: ASEAN akan deklarasikan pemberantasan perdagangan manusia

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023