Tokyo (ANTARA) - Otoritas pertahanan Jepang dan Korea Selatan dikabarkan akan menyetujui penghubungan radar kedua negara dengan menggunakan sistem Amerika Serikat untuk berbagi informasi mengenai rudal balistik Korea Utara, kata seseorang yang mengetahui perkembangan itu, Selasa.

Menteri pertahanan Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat berencana  mencapai kesepakatan di sela-sela konferensi tingkat tinggi pertahanan Asia di Singapura bulan depan, kata narasumber yang menolak disebutkan identitasnya karena diskusi tersebut tidak terbuka untuk publik.

Juru bicara pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan belum ada keputusan terkait perjanjian tersebut. Namun, ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan ketiga negara telah melakukan pembicaraan untuk menyusun langkah-langkah konkret dalam meningkatkan upaya berbagi informasi, namun sejauh ini belum ada yang diselesaikan.

Dengan adanya peluncuran rudal-rudal balistik Korea Utara dalam satu tahun terakhir dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, ketiga negara tersebut pada November lalu telah setuju untuk mempercepat upaya berbagi informasi.

Jepang dan Korea Selatan masing-masing terhubung dengan sistem radar Amerika Serikat, namun kedua negara tersebut tidak terhubung satu sama lain.

Hubungan antara kedua negara sekutu Amerika Serikat tersebut membaik dalam beberapa bulan terakhir di tengah ancaman Korea Utara.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol melakukan pertemuan di Seoul pada Minggu (7/5). Pada kesempatan itu, kedua pemimpin mengonfirmasi perkembangan kerja sama di bidang pertahanan.

Kunjungan Kishida ke Korsel itu dilakukan setelah Yoon berkunjung ke Tokyo pada Maret saat kedua pemimpin negara berusaha menutup bab tentang perselisihan sejarah yang telah mendominasi hubungan antara Jepang dan Korea Selatan selama beberapa dekade.

Menteri pertahanan Jepang dan Korea Selatan secara terpisah mengatur rencana untuk bertemu di sela-sela Dialog Shangri-La IISS di Singapura pada 2-4 Juni mendatang, setelah pertemuan antara keduanya terakhir kali terjadi pada November 2019.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kishida, PM Jepang pertama yang kunjungi Korsel dalam lima tahun

Baca juga: AS, Jepang dan Korsel akan latihan pertahanan lawan ancaman Korut


 

Korsel terima kunjungan PM Jepang perdana dalam 12 tahun

Penerjemah: Raka Adji
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023