Jakarta (ANTARA) - Hingga tahun 2023, Desa Sejahtera Astra (DSA) telah mengembangkan ekonomi di 1.060 desa yang tersebar di seluruh Indonesia.

DSA merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Astra International Tbk yang berfokus pada empat pilar utama, yakni Astra Sehat (kesehatan), Astra Hijau (lingkungan), Astra Cerdas (pendidikan) dan Astra Kreatif (kewirausahaan).

"Saat ini kami sudah membina 1.060 desa yang tersebar di 37 provinsi di Indonesia, Desa Sejahtera Astra ini juga dikelola oleh startup-startup yang tergabung dalam Astra Startup Community," kata Staf Corporate Social Responsibility Jizdan saat ditemui ANTARA di booth Desa Sejahtera Astra di Jakarta.

DSA turut berkontribusi dalam acara "Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023" dengan mendirikan booth di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

DAS telah menciptakan tenaga kerja baru untuk 20.370 orang serta meningkatkan pendapatan rata-rata masyarakat sebesar 80 persen di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, terdapat empat klaster produk yang dihasilkan DSA, yakni klaster kopi, klaster agrikultur, klaster kelautan dan perikanan tangkap, olahan dan komoditas, serta klaster wisata, kreatif, dan budaya.

"Seperti kemarin pada event Hannover Messe, kami ekspor sekitar 1.300 ton biji kopi yang diproduksi oleh desa binaaan Desa Sejahtera Astra," jelas Jizdan.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023