Kedatangan saya ke sini untuk melihat lebih dekat persiapan operasional Pasar Turi Baru ini.
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti meninjau operasional Pasar Turi Baru di Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

"Kedatangan saya ke sini untuk melihat lebih dekat persiapan operasional Pasar Turi Baru ini. Saya mengimbau pedagang segera mengisi stan yang mereka miliki, agar tak ada kendala yang dialami oleh pengelola dalam menjalankan operasionalnya," ujar La Nyalla.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterimanya, akhir bulan ini seluruh operasional Pasar Turi Baru sudah harus berjalan dengan baik.

"Mei ini sudah harus dibuka. Maka saya mengimbau kepada seluruh pemilik stan segera mengisi stan yang mereka miliki agar Pasar Turi Baru ini bisa berjalan dengan baik," katanya lagi.

Senator asal Jawa Timur itu menilai, sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, Pasar Turi Baru memiliki prospek yang cukup tinggi dalam hal bisnis.

"Itulah pentingnya para pedagang ikut berpartisipasi menyukseskan pembukaan Pasar Turi Baru ini. Kalau semua tertib, saya yakin Kota Surabaya ini akan menjadi rujukan bagi pedagang lain di tempat lain," ujar La Nyalla.

General Manager Pasar Turi Baru Tedi Supriyadi juga memiliki harapan yang sama dengan Ketua DPD RI. Para tenant diharapkan mendukung operasional Pasar Turi Baru melalui pembukaan stan yang mereka miliki.

"Sesuai arahan Wali Kota Surabaya pada 31 Mei itu, harapannya seluruh tenant sudah buka di sini. Nantinya akan ada insentif perpanjangan yang diberikan selama 15 tahun," kata Tedi.

Saat ini, tingkat okupansi Pasar Turi Baru 20 persen dari total seluruh stan yang dimiliki. Kendati begitu, Tedi memastikan seluruh stan sudah memiliki tenant. Hanya saja, mereka belum membuka stan mereka.

"Rata-rata yang tenant yang sudah buka di sini adalah fashion, barang pecah belah, penjahit dan perkakas. Selebihnya belum membuka. Mari sama-sama kita dukung operasional di Pasar Turi Baru ini," kata Tedi.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD RI didampingi Staf Ahli A Zaldy Irza Pahlevy Abdurrasyid dan Ketua Kadin Surabaya M Ali Affandi MM. Sementara Tedi didampingi GM Operasional Pasar Turi Juli Karyanto dan sejumlah staf lainnya.
Baca juga: 4.500 stan pedagang Pasar Turi Baru Surabaya siap buka 1 April
Baca juga: Bangkitnya Pasar Turi Surabaya usai kebakaran 2007

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023