"Dari sisi keamanan kapal yang melintas maupun pengamanan laut kita jaga ketat. Itu saya sampaikan ke prajurit yang laksanakan keamanan di sini,"
Labuan Bajo (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memastikan pengamanan laut untuk kelancaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN?ASEAN Summit hari pertama di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Dari sisi keamanan kapal yang melintas maupun pengamanan laut kita jaga ketat. Itu saya sampaikan ke prajurit yang laksanakan keamanan di sini," kata Laksamana Yudo kepada wartawan di Dermaga Marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu.

Pengamanan pertama yang dilakukan adalah pengamanan pinisi Ayana Lako Di'a yang akan digunakan oleh kepala negara ASEAN berlayar melihat sunset pada pukul 17.00 WITA.

Panglima TNI mengatakan pengecekan dilakukan mulai dari bagian bawah kapal, badan kapal, hingga ke bagian atas kapal tersebut.

"Ini rangkaian acara yang sudah disusun sehingga saya cek kesiapan kapal," ungkap Yudo.

Selanjutnya, Panglima TNI memerintahkan para prajurit TNI untuk menjaga keamanan laut sekitaran Hotel Meruorah Labuan Bajo yang menjadi tempat pertemuan para kepala negara ASEAN di hari pertama ini.

Selain dua hal tersebut, Yudo memerintahkan prajurit untuk memantau setiap pergerakan para kepala negara dan delegasi dari hotel tempat menginap sampai ke Meruorah.

Pengamanan juga terus dilakukan sampai rangkaian welcoming dinner malam nanti di Hotel Ayana Labuan Bajo.

"Kita cek kesiapan semuanya. Kita monitor dari petugas kita di lapangan dan command center," katanya tegas.

Pada kesempatan itu Panglima TNI terlibat diskusi dengan para prajurit yang sedang melakukan pengamanan laut.

Yudo memberikan perintah untuk menjaga keamanan laut, sekaligus mendukung mereka agar tetap bersemangat dalam menjalankan tugas negara tersebut.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023