Penghargaan Upakarti memang sangat penting untuk terus dilanjutkan setiap dua tahun untuk memberikan penghargaan, untuk memberi stimulasi bagi kita semua untuk bisa bersama membina dan mendukung industri IKM di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan Penghargaan Upakarti 2022 kepada 10 penerima penghargaan kepada perorangan, lembaga, atau perusahaan yang aktif memberdayakan industri kecil dan menengah (IKM).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Penganugerahan Penghargaan Upakarti 2022 di Jakarta, Rabu, berharap penganugerahan penghargaan ini dapat meningkatkan kesadaran, mendorong motivasi, serta prakarsa masyarakat baik orang perseorangan, lembaga/organisasi, ataupun perusahaan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan IKM untuk meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja di seluruh wilayah Indonesia.

“Penghargaan Upakarti memang sangat penting untuk terus dilanjutkan setiap dua tahun untuk memberikan penghargaan, untuk memberi stimulasi bagi kita semua untuk bisa bersama membina dan mendukung industri IKM di Indonesia,” katanya.

Baca juga: Kemenperin target cetak 1.000 peneliti Gen Z dari Indonesia timur

Kemenperin, lanjut Menperin, juga terus mendorong peningkatan daya saing IKM agar dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi perekonomian nasional melalui berbagai program dan kegiatan pengembangan IKM dalam bentuk bimbingan teknis, pendampingan dan fasilitasi hingga pemberian fasilitasi perluasan akses pasar, dalam bentuk pameran, temu bisnis, serta kegiatan promosi lainnya.

Penganugerahan penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, mendorong motivasi serta prakarsa masyarakat, baik orang perseorangan, lembaga/organisasi ataupun perusahaan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan industri kecil dan industri menengah guna meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami berharap Bapak dan Ibu penerima Penghargaan Upakarti dapat berpartisipasi dan berkolaborasi serta dapat menjadi agen pemicu pertumbuhan perekonomian di daerah, dan bersama-sama dengan pemangku kepentingan lainnya turut membantu pengembangan dan penguatan IKM sehingga dapat berperan lebih besar dalam perekonomian nasional,” katanya.

Baca juga: Kemenperin susun peta jalan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menjelaskan Penghargaan Upakarti Tahun 2022 diberikan untuk dua kategori, yaitu untuk Kategori Pengabdian, yang diberikan kepada orang-perseorangan WNI atau lembaga/organisasi yang berkedudukan di Indonesia yang tugas dan fungsinya tidak melakukan pembangunan dan pemberdayaan terhadap IKM.

Juga Kategori Kepeloporan, yang diberikan kepada perusahaan berskala menengah atau besar dan berkedudukan di Indonesia yang melakukan pembangunan dan pemberdayaan IKM melalui pengembangan, penguatan keterkaitan, dan hubungan kemitraan dengan prinsip saling menguntungkan.

Keenam penerima penghargaan Upakarti Kategori Jasa Pengabdian berasal dari Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat; Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan; Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta; Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara; Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur; dan Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur.

“Sementara itu, empat penerima penghargaan Upakarti Kategori Jasa Kepeloporan berasal dari Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah; Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat; Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta; dan Kota Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta,” katanya.

Baca juga: Menperin: Sekitar 1 juta produk industri kecil masuk e-Katalog LKPP

Dari 65 usulan peserta Penghargaan Upakarti, setelah melalui seleksi administrasi, substansi, pemeringkatan dan penjurian, ditetapkan 10 Penerima Penghargaan Upakarti Tahun 2022 yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 3178 Tahun 2022.

Penerima penghargaan mendapatkan piagam dan uang pembinaan kepada masing-masing pemenang sebesar Rp50 juta yang telah diserahkan pada Desember 2022.

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023