Komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur, dan kinerja ekonomi. Hal ini untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyat secara berkeadilan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur, dan kinerja ekonomi. Hal ini untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyat secara berkeadilan," kata Menkeu Sri Mulyani dalam 2nd International Conference on Muslim World Economy and Business (ICMWEB) yang dipantau virtual di Jakarta, Rabu.

Menkeu Sri Mulyani menuturkan investasi untuk peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia yang penting.

Selain mengalokasikan sebagian anggaran belanja negara untuk pendidikan, Indonesia juga menyediakan dana abadi pendidikan untuk menjadikan pendidikan di Indonesia semakin berkualitas dan mendukung penelitian dan pengembangan.

"Salah satu investasi yang paling penting dan menunjang adalah kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, alokasi anggaran kita untuk pendidikan dan pelatihan adalah yang terbesar dan diamanatkan oleh konstitusi kita, 20 persen dari anggaran belanja kita harus didedikasikan untuk pendidikan dan pelatihan," ujarnya.

Selain dari segi pendidikan, kualitas SDM juga harus dipastikan dari aspek kesehatannya untuk menciptakan SDM Indonesia yang berkualitas, sehat dan produktif.

"Kualitas modal manusia akan tergantung pada skala pendidikan dan juga kesehatan mereka, dan tentu saja Indonesia merancang jaring pengaman sosial untuk memastikan bahwa modal manusia akan memiliki jaring pengaman pemerintah terutama untuk mendukung yang termiskin," tuturnya.

Selain berinvestasi di bidang SDM, Indonesia juga terus menggenjot peningkatan kualitas infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Jika kualitas infrastruktur dalam negeri bagus, maka akan semakin banyak investor berinvestasi di Indonesia.

"Dukungan kami terhadap pembangunan infrastruktur mulai dari jalan, jalan tol, pelabuhan, bandara, dan khususnya listrik dan air bersih menjadi sangat signifikan dan tidak hanya meningkatkan perekonomian melalui anggaran kami tetapi juga meningkatkan kinerja investasi di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Menkeu: Indonesia terus lakukan reformasi perkuat fundamental ekonomi
Baca juga: Menkeu: Penciptaan lapangan kerja unsur pertama pengentasan kemiskinan
Baca juga: Menkeu: Masalah dunia saat ini lebih kompleks dibanding era pandemi

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023