Ini bentuk kepedulian kami ke seluruh tim Indonesia yang berjuang di sini
Phnom Penh (ANTARA) -
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Phnom Penh, Kamboja memberikan dukungan logistik untuk kontingen Merah Putih yang berlaga di SEA Games XXXII/2023.
 
Kuasa Usaha Sementara KBRI Phnom Penh Lauti Nia Astri mengatakan dukungan ini sebagai bentuk perhatian mereka terhadap atlet yang tengah berjuang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.
 
"Ini bentuk dukungan kami dari KBRI Phnom Penh bagi Tim Indonesia untuk atlet, ofisial, dan semuanya yang tengah berjuang untuk mengibarkan bendera Indonesia dan menggemakan Indonesia Raya sebanyak mungkin di SEA Games ke-32 di Kamboja," ujar Lauti Nia dalam keterangan tertulis yang diterima di Kamboja, Rabu.
 
"Ini bentuk kepedulian kami ke seluruh tim Indonesia yang berjuang di sini. Meski hanya sedikit dan tidak banyak dari kami, tapi ini bentuk perhatian kami kepada Tim Indonesia dan kami tentunya bersama seluruh warga Indonesia di sini berharap dan berdoa yang terbaik untuk Indonesia," ujarnya menambahkan.

Baca juga: KBRI Phnom Penh: WNI di Kamboja siap dukung timnas di SEA Games 2023
 
Lauti Nia mengatakan KBRI Phnom Penh selalu berkoordinasi secara intens dengan NOC Indonesia dan tim Chef de Mission (CdM) demi kelancaran selama mereka berada di Kamboja.
 
"Kami sejak awal selalu kontak-kontakan. Kami sempat ada surat menyurat dan juga zoom meeting sehingga kami tahu seperti apa persiapan Tim Indonesia di SEA Games ke-32 ini, terutama dari pak CdM Lexyndo Hakim," ujar Lauti Nia.
 
Persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari karena ini merupakan pengalaman pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta olahraga dua tahunan tersebut.
 
"Sebelumnya, pemerintah Kamboja mengundang seluruh perwakilan ASEAN yang ada di sini untuk meninjau lokasi dan venue, jadi kami bertanya dan mendapat masukan dari mereka, itu yg kemudian kami informasikan ke CdM," ujarnya.

Baca juga: CdM dan KBRI Kamboja bahas akomodasi atlet untuk SEA Games 2023
 
Sementara itu, CdM Lexyndo Hakim menyambut baik dukungan yang diberikan KBRI Phnom Penh kepada Tim Indonesia. Menurutnya, KBRI sejak awal memang selalu memfasilitasi kebutuhan tim Indonesia.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada KBRI Phnom Penh selalu hadir memberikan dukungan mulai dari sebelum event sampai dengan hari ini," kata Lexy.
 
Lexy juga mengakui pengawalan ketat juga diberikan oleh KBRI. Ini sangat berguna sekali dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan Indonesia di SEA Games 2023.
 
"Pengawalan ketat juga diberikan oleh KBRI Phnom Penh sebagai representasi negara di Kamboja. Tim CdM selalu menjaga komunikasi dan berdiskusi sehingga senantiasa ada solusi setiap permasalahan yang terjadi yang dibantu oleh KBRI disini," pungkas Lexy.
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023