Ini juga menjadi refleksi daripada pembangunan pariwisata berkelanjutan Provinsi Gorontalo.
Gorontalo (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menggelar deklarasi Pembentukan Kabupaten Kota Kreatif (Kata Kreatif) yang dirangkaikan dengan pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Provinsi Gorontalo, di Kota Gorontalo, Rabu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Aryanto Husain, di Gorontalo mengatakan, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengakselerasi pembangunan perekonomian daerah melalui pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).

"Kita di daerah adalah bagian penting dalam perkembangan daripada ekraf nasional," ujar Aryanto.

Ia menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ekonomi kreatif akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional pada masa akan datang.

Menurut dia, dengan Kata Kreatif maka pengembangan potensi ekonomi kreatif akan berjalan lebih optimal dan dapat mendorong tidak hanya lapangan kerja, tapi juga pendapatan UMKM.

"Ini juga menjadi refleksi daripada pembangunan pariwisata berkelanjutan Provinsi Gorontalo," ujar Kepala Dinas Pariwisata.

Melalui program itu, kata Aryanto, pengembangan pariwisata dan ekraf Kata Kreatif mampu mendorong perekonomian daerah di Gorontalo.

Deklarasi tersebut dilakukan oleh empat kabupaten dan satu, yakni Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua bagi pemerintah daerah baik provinsi kabupaten dan kota untuk bahu-membahu secara bersama-sama membangun membangun ekosistem ekonomi kreatif," ujar dia pula.

Aryanto pun bersyukur bahwa pihaknya memiliki rekan kerja yang luar biasa, mulai dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo, asosiasi, komunitas dan rekan lainnya.

"Mari kita bangun Gorontalo dan mari kita mulai membangun ekonomi kreatif untuk Provinsi Gorontalo," ujarnya pula.
Baca juga: Menparekraf tingkatkan ekosistem ekraf di Sabang lewat KaTa Kreatif
 
Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekraf Hariyanto (kanan) memberikan selamat kepada Komite Ekonomi Kreatif Provinsi Gorontalo pada deklarasi Pembentukan Kabupaten/Kota Kreatif (Kata Kreatif) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (10/5/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023