Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta Wardhana bersama jajarannya mengunjungi Kantor Perum LKBN ANTARA di Jakarta, Rabu, untuk bersilaturahmi dan membahas agenda TNI AL sepanjang tahun 2023.

Di kantor redaksi ANTARA, Kadispenal disambut oleh Direktur Pemberitaan ANTARA Akhmad Munir, Redaktur Pelaksana GNC Aryani, Kepala Desk Politik, Hukum, dan Keamanan Sigit Pinardi, dan Kepala Desk Foto Prasetyo Utomo.

Dalam acara silaturahmi dan diskusi itu, Kadispenal dan Direktur Pemberitaan ANTARA berbincang selama kurang lebih satu jam membahas agenda-agenda TNI AL dan komitmen ANTARA mendukung program-program TNI AL.

"Tim kami (Dinas Penerangan) dan tim media, khususnya ANTARA, insyaallah bisa berkolaborasi," kata Laksma Made Wira.

Kadispenal menyampaikan beberapa agenda utama TNI AL yang berlangsung pada 2023, di antaranya 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang terpusat di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 3–10 Juni 2023.

"Rencananya ada 34 negara yang hadir," imbuhnya.

Beberapa negara yang dijadwalkan ikut berpartisipasi dalam MNEK 2023, antara lain Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, China, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Belanda, Filipina, Pakistan, Singapura, Rusia, Thailand, Timor Leste, dan Inggris.

Kadispenal menjelaskan Indonesia rutin menggelar MNEK untuk menggalang kerja sama dan solidaritas antar-angkatan laut dari berbagai negara, terutama dalam kegiatan kemanusiaan, seperti penanganan dan pemulihan bencana.

Dengan demikian, MNEK 2023 juga diisi dengan kegiatan pembangunan fasilitas umum atau Engineering Civic Action Programme (ENCAP), bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (MEDCAP).

Tidak hanya itu, beberapa kegiatan lain, seperti fun diving, peresmian monumen, kirab atau city parade, fun bike, city tour, program kuliner, pameran maritim, spouse programme, dan sailing pass kapal dari para negara peserta.

Dia menjelaskan Indonesia sebagai pemimpin dan inisiator dalam kegiatan MNEK ingin meneguhkan kembali komitmen dan solidaritas angkatan laut dari berbagai negara terutama setelah dunia terdampak pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, MNEK tahun ini mengangkat tema "Partnership To Recover And To Rise Stronger".

Tidak hanya MNEK Ke-4 di Makassar, Kadispenal menyampaikan tahun ini juga ada peresmian secara serentak Kampung Bahari Nusantara di berbagai daerah Indonesia. Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dijadwalkan meresmikan secara langsung Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Seluruh Indonesia ada 60 KBN yang berada di bawah binaan potensi maritim TNI AL. Itu bagian dari pembinaan teritorial TNI AL," kata Kadispenal.

Direktur Pemberitaan ANTARA Akhmad Munir menyampaikan ANTARA sebagai kantor berita milik negara tentu terus mendukung berbagai program TNI AL.

"Saya kira hubungan ini perlu ditingkatkan kembali sehingga kami bersama-sama TNI AL bisa berkontribusi untuk negara," kata Munir.

Dalam kunjungannya ke kantor redaksi ANTARA, Kadispenal didampingi oleh Kepala Sub-Dinas Penerangan Pasukan Kolonel Laut (KH) Agus Susilo Kaeri, Kepala Sub-Dinas Penerangan Umum Kolonel Laut (P) Fajar Tri Rohadi, Kepala Sub-Dinas Produksi Penerangan Kolonel Laut (P) Laode M. Holib, dan Kepala Sub-Dinas Multimedia Kolonel Laut (KH) Ehud Septano Mediana.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023