Penguatan pemahaman dan literasi asuransi ini menjadi tugas mulia yang harus terus kami jalankan.
Jakarta (ANTARA) - Manajemen PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) merespons secara serius permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk senantiasa memperkuat pemasaran produk asuransi sesuai aturan yang berlaku.

Sinarmas MSIG Life juga memastikan akan terus memperkuat literasi asuransi kepada konsumen dan agen, serta meningkatkan kapasitas agen pemasaran dengan tetap mengedepankan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

"Penguatan pemahaman dan literasi asuransi ini menjadi tugas mulia yang harus terus kami jalankan. Semuanya bermuara pada prinsip Good Corporate Governance," kata Chief Compliance, Legal, & Corporate Secretary Sinarmas MSIG Life Renova Siregar dalam keterangan resmi, Rabu.

Renova mengatakan sejauh ini literasi asuransi konsumen masih memiliki banyak tantangan.

Data Indeks Literasi Keuangan Nasional mencatat literasi sektor perasuransian pada tahun 2022 meningkat menjadi 31,72 persen dari semula 15,8 persen pada 2016.

"Permintaan OJK agar adanya perbaikan dan penataan agen pemasaran asuransi ini menjadi perhatian kami sejak awal. Tentunya kami akan terus berusaha memperbaiki capaian yang sudah berjalan," ujarnya pula.

Secara terpisah, sebelumnya Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono sempat mengatakan Sinarmas MSIG Life perlu melakukan review terhadap tata kelola pemasaran produk asuransi melalui agen.

Permintaan OJK tersebut, kata Renova, telah mendapat perhatian serius dari pihak manajemen Sinarmas MSIG Life.

"Kami senantiasa berkomitmen untuk terus memperbaiki diri, seperti halnya dengan melakukan review dan penguatan terhadap proses serta prosedur dalam melakukan aktifitas perusahaan seperti adanya SOP dan Guideline," katanya lagi.

Selain itu, perusahaan secara berkala selalu memberikan pelatihan kepada tenaga pemasar terkait dengan produk, kode etik tenaga pemasar dan prosedur dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Perusahaan juga dari waktu ke waktu turut melakukan peninjauan terkait perjanjian kerja sama dengan tenaga pemasar dan memperkuat kewajiban tenaga pemasar dalam melakukan penawaran produk asuransi dan proses pasca penjualan.

Renova menyadari konsumen harus memilih produk asuransi dengan pemahaman yang komprehensif dimana sejauh ini Sinarmas MSIG Life berusaha merespons kebutuhan literasi asuransi tersebut melalui beberapa channeling komunikasi.

“Sejauh ini, informasi mengenai berbagai macam produk, proses, dan prosedur penjualan asuransi, secara lengkap dapat diakses melalui website maupun sosial media perusahaan,” katanya pula.
Baca juga: Kisah pengemudi ojol yang merasa aman berkat BPJS Kesehatan
Baca juga: IFG akan selenggarakan konferensi nasional kembangkan asuransi


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023