...pensosialisasian "bio security" dan vaksinasi telah mulai diindahkan dan hampir secara merata dilakukan oleh para peternak unggas di tiap-tiap kabupaten pada bulan ini.
Yogyakarta (ANTARA News)- Wabah flu burung di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada awal tahun ini terlihat cenderung mengalami tren penurunan dibanding bulan-bulan sebelumnya pada tahun lalu.

"Awal tahun ini kami melihat ada tren penurunan populasi unggas yang terjangkit flu burung, semenjak maraknya flu burung yang dimulai September 2012 lalu," kata  Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, Haris Handono, di Yogyakarta, Rabu.

Haris mengatakan hingga 14 Januari 2013, populasi unggas terkena flu burung di DIY hanya berada di Kabupaten Sleman saja dengan jumlah 500 ekor unggas. Sementara untuk kabupaten lainnya mulai tidak ditemukan.

"Flu burung pada Januari 2013 hanya berada di satu kabupaten saja , padahal sebelumnya sejak September hingga Desember tahun lalu jumlahnya hampir merata di seluruh kabupaten," katanya.

Berdasarkan data yang dicatat Dinas Pertanian (Distan) DIY, unggas yang terkena flu burung sejak September hingga Desember 2012, ditemukan sebanyak 6.673 ekor dengan rincian 1.800 ekor pada September, 1.095 ekor (Oktober), 2.398 ekor (November) dan 1.380 ekor (Desember).

"Hampir tiap-tiap bulan mulai September hingga Desember tahun lalu rata-rata populasi terjangkit flu burung mencapai 1.000 lebih ekor unggas,"katanya.

Penurunan jumlah unggas yang terkena flu burung awal tahun ini, kata dia, dikarenakan upaya komunikasi, informasi serta edukasi (KIE) yang dilakukan Distan DIY mengenai "bio security" serta vaksinasi flu burung mulai merata dilakukan oleh para peternak unggas di daerah setempat.

"Kami melihat dari upaya KIE terkait pensosialisasian "bio security" dan vaksinasi telah mulai diindahkan dan hampir secara merata dilakukan oleh para peternak unggas di tiap-tiap kabupaten pada bulan ini," katanya.

Menurut Haris meski saat ini curah hujan masih tidak menentu, namun dengan penerapan "bio security" serta vaksinasi flu burung secara mandiri dan intensif oleh tiap-tiap peternak maka upaya penurunan jumlah wabah flu burung optimistis tetap bisa terus diwujudkan.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013