Jakarta (ANTARA/JACX) – Sosok Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi perhatian nasional menyusul kritikan warganet tentang pembangunan infrastruktur di provinsi itu, seperti jalanan berlubang sejak pertengahan April 2023.

Hingga pertengahan Mei 2023, Arinal masih mendapatkan sorotan dari warganet Tanah Air selain oleh Presiden Joko Widodo, termasuk sorotan tentang koleksi mobil mewahnya seperti terdapat di YouTube.

Unggahan di YouTube pada 9 Mei 2023 itu menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita seluruh hasil korupsi dana pembangunan Provinsi Lampung, termasuk koleksi mobil mewah milik Arinal.

Video berdurasi delapan menit tersebut telah ditayangkan hingga 1,8 ribu kali.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Koleksi Mobil Sport Gubernur Lampung Di Sita Kpk Semua Hasil Korupsi Dana Pembangunan Selama Ini

Namun, benarkah KPK telah menyita koleksi mobil mewah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi?

Unggahan video disinformasi yang menarasikan aset Gubernur Lampung Arinal Djunaidi disita oleh KPK. Faktanya, tidak terdapat informasi resmi terkait penyitaan tersebut. (YouTube)
Penjelasan:
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan masih membuka peluang untuk membuka penyelidikan soal dugaan korupsi pengerjaan proyek di Provinsi Lampung.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan KPK wajib menindaklanjuti setiap informasi yang diterima, jika informasi tersebut terkait dengan tindak pidana korupsi.

Namun terkait Lampung, Tanak mengatakan KPK belum bisa memastikan ada atau tidaknya unsur korupsi, demikian dilaporkan ANTARA.

Foto mobil yang tampak pada halaman sampul unggahan video di YouTube itu serupa dengan foto berita Detikcom yang berjudul “Brumm! Ferrari Adik Atut Sering Digeber di Sekitaran Kompleks”. Mobil yang tampak dalam berita itu milik terpidana Tubagus Chaeri Wardana dan ditampilkan pada Maret 2013.

Narator pada unggahan video YouTube itu juga membacakan narasi berita CNN berjudul “Punya Harta Rp22 Miliar, Intip Isi Garasi Gubernur Lampung Arinal” dan Detik “Begini Isi Garasi Gubernur Lampung yang Daerahnya Dikritik Tak Maju-maju”.

Hanya saja, baik laporan CNN ataupun Detikcom tidak menyebutkan KPK menyita koleksi mobil mewah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Laporan media itu hanya menyebut mobil yang dimiliki Gubernur Lampung dan tercatat pada LKPHN.

Klaim: Koleksi mobil mewah Gubernur Lampung disita KPK
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Gubernur Lampung jadi tersangka pada awal Mei karena jalan rusak

Cek fakta: Hoaks! Video ustaz dibegal di Lampung

Baca juga: Gubernur Lampung serahkan hasil klarifikasi Kadiskes ke KPK

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023