Ada sejumlah kriteria bagi gakin yang bisa mengajukan dan memperoleh SPM di Dinkes, namun kriteria dan persyaratan ini tidak serumit tahun lalu,"
Malang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, mempermudah persyaratan pengajuan surat pernyataan miskin bagi warga miskin yang membutuhkan layanan kesehatan secara gratis.

Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Fransiska Rahayu Budiwiarti, Kamis mengatakan, hasil rapat kerja dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Kesehatan serta instansi terkait lainnya, disepakati bahwa persyaratan pengajuan surat pernyataan miskin (SPM) tahun ini diperlonggar.

"Ada sejumlah kriteria bagi gakin yang bisa mengajukan dan memperoleh SPM di Dinkes, namun kriteria dan persyaratan ini tidak serumit tahun lalu," katanya, menambahkan.

Jika tahun lalu, lanjutnya, gakin yang memiliki sepeda motor atau rumahnya dikeramik tidak bisa mengajukan SPM, namun tahun ini bisa, dengan catatan penghasilan dan tanggungan keluarga yang tidak seimbang.

Selain itu, katanya, rekomendasi untuk mengajukan SPM tersebut cukup dari RT/RW. Sedangkan tahun lalu harus melalui kelurahan dan kecamatan.

Memang, kata politisi dari Partai Demokrat (PD) itu, format ini masih belum final dan masih dimatangkan perumusannya bersama pemangku jabatan terkait, seperti RSSA Malang, RST Soepraoen serta Askes bersama dewan.

Menyinggung jenis penyakit yang ditanggung bagi pengguna SPM tersebut, Siska mengatakan, semua jenis penyakit bisa ditangani. "Kalau beberapa bulan menjelang akhir tahun lalu memang hanya penyakit gagal ginjal saja karena anggaran untuk SPM dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sudah habis," tegasnya.

Menurut dia, jika anggaran untuk SPM dan Jamkesda sebesar Rp25 miliar dari APBD 2013 itu nanti ternyata tidak mencukupi, maka akan ditambah melalui perubahan anggaran keuangan (PAK).

"Saya yakin anggaran sebesar itu akan mencukupi karena diasumsikan jika pengurusan SPM akan membengkak sekitar 25 persen dari tahun lalu. Kalaupun tetap tidak mencukupi, maka akan ditambah melalui PAK," katanya, menegaskan.

Pengguna kartu Jamkesda di Kota Malang selama 2012 mencapai 32 ribu jiwa dan Jamkesmas sebanyak 91 ribu jiwa. Sedangkan gakin yang mengajukan SPM lebih dari 3.000 jiwa.

(E009/M019)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013