Petugas PJR membantu Ptgs Pompa air Jasa Marga di KM 25 jalur atas menuju Tol Bandara Soekarno Hatta"
Jakarta (ANTARA News) - Akses terpenting ke jantung ibukota di Jakarta Pusat, Bundaran Hotel Indonesia masih tak bisa dilalui kendaraan jenis apapun.

"Bundaran Hotel Indonesia masih tergenang air, belum bisa dilintasi kendaraan," demikian TMC Polda Metro Jaya, dalam pesan Twitter-nya pukul 13.36 WIB.

Genangan air juga masih terlihat di sejumlah sudut ibukota, seperti dekat fly over Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan di depan Jl Thamrin, Jakarta Pusat, dari depan Gedung BPPT, sampai dengan gedung Bank Indonesia.

Dari pantauan ANTARA News, air setinggi sekitar 50 cm masih menggenangi kawasan Bundaran HI dan Tosari di Jakarta Pusat yang merupakan ujung selatan Jalan Sudirman di mana pusat elite perkantoran dan bisnis Jakarta berada.

Akibatnya, lalu lintas dari dan menuju jantung ibukota di Jakarta Pusat, dari Bundaran HI sampai kawasan Thamrin, tak bisa dilalui kendaraan dan menciptakan kemacaten luar biasa di sepanjang Jl Sudirman, sejak Semanggi, dan kawasan-kawasan di seputarannya.

Kendaraan-kendaraan dipaksa untuk memutar kembali ke arah sebaliknya.  Salah satu dari dua sisi di sepanjang Jl. Sudirman terpaksa menjadi jalan dua arah, sementara sepeda motor dibolehkan masuk jalur cepat, bahkan jalur khusus TransJakarta.

Kemacetan luar biasa juga terjadi di titik-titik sangat penting Jakarta, seperti kawasan Tanah Abang yang menjadi salah satu perhentian utama kereta api dari Bogor dan Tangerang, dan jalur menuju Bandara Sukarno Hatta yang menurut laporan TMC Polda Metro Jaya masih digenangi air.

"Petugas PJR (Patroli Jalan Raya) membantu Ptgs (petugas) Pompa air Jasa Marga di KM 25 jalur atas menuju Tol Bandara Soekarno Hatta," demikian pesan Twitter TMC Polda Metro pukul 14.00 WIB.

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013