Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menulis surat kepada awak kapal selam untuk mendorong mereka meningkatkan kemampuan mereka terus-menerus guna menuntaskan misi dan penugasan, serta berupaya menjadi pastikan elite dengan kompetensi lengkap.

Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral China, menyatakan bahwa pasukan kapal selam, yang beroperasi di laut dalam, mengemban misi mulia dan memikul tanggung jawab besar.

Xi mendorong mereka untuk memberikan kontribusi yang lebih besar guna mencapai tujuan seratus tahun Tentara Pembebasan Rakyat (People's Liberation Army/PLA) China pada 2027 mendatang.

Pada 2013 lalu, Xi mengunjungi awak kapal selam tersebut. Mereka menikmati makan siang bersama dan melakukan percakapan yang mendalam.

Belum lama ini, awak kapal selam tersebut menulis surat kepada Xi, mengungkapkan tekad mereka untuk mengintensifkan latihan, meningkatkan kesiapsiagaan tempur, serta memperkuat kemampuan dalam memenangkan perang.

Dalam surat balasannya, Xi menyampaikan bahwa dirinya ingat saat-saat menyenangkan yang dia habiskan bersama awak kapal selam tersebut satu dekade yang lalu, dan senang mengetahui mereka telah mengambil inisiatif untuk memikul tanggung jawab, mencapai serangkaian terobosan, serta menunaikan beragam tugas dengan sangat baik.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023