Beijing (ANTARA) - Jumlah perawat di China mengalami pertumbuhan yang konsisten selama sepuluh tahun terakhir, dengan rata-rata peningkatan tahunan sebesar 8 persen, demikian disampaikan Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China.

Dalam sebuah konferensi pers menjelang Hari Perawat Internasional yang digelar NHC pada Kamis (11/5), Xing Ruoqi, Wakil Kepala Departemen Administrasi Medis NHC, mengatakan bahwa sekitar 300.000 perawat baru bergabung dengan tenaga kerja keperawatan setiap tahunnya sepanjang satu dekade terakhir.

Jumlah total perawat terdaftar di China telah melampaui 5,2 juta pada akhir tahun lalu, dengan sekitar 3,7 perawat terdaftar per 1.000 orang, kata Xing.

Didukung oleh pendidikan dan pelatihan keperawatan dan langkah-langkah lain yang solid, tenaga kerja keperawatan telah tumbuh kuat, menyediakan perawatan kesehatan berkualitas tinggi bagi para pasien.

Xing menyebutkan bahwa NHC berencana untuk memperkuat pengembangan tenaga kerja keperawatan dengan menerapkan langkah-langkah yang efektif.

Hingga 2025 mendatang, China bertekad untuk memiliki 5,5 juta perawat, dan jumlah perawat terdaftar per 1.000 orang diperkirakan akan meningkat menjadi 3,8. Selain itu, negara tersebut ingin menambah jumlah perawat di institusi kesehatan akar rumput menjadi 1,2 juta orang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023