Beijing (ANTARA) - Otoritas meteorologi China pada Jumat (12/5) mengeluarkan peringatan biru untuk cuaca konveksi yang parah di beberapa daerah.

Pusat Meteorologi Nasional China menyebutkan dari Jumat hingga Sabtu sore waktu setempat, badai petir, angin kencang, dan hujan es akan melanda beberapa area di Hebei, Beijing, Tianjin, Jilin, Liaoning, dan Shandong.

Otoritas menjelaskan curah hujan singkat dan lebat yang ditandai dengan presipitasi 20 mm hingga lebih dari 50 mm per-jam akan mengguyur sebagian Jilin, Liaoning, Hebei, Beijing, Tianjin, Shandong, Sichuan, Yunnan, Guangxi, Guangdong, dan Hainan.

Masyarakat disarankan untuk mengambil langkah pencegahan terhadap banjir bandang, tanah dan lumpur longsor, serta menyarankan agar mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Kapal yang beroperasi atau melakukan transit di perairan yang terdampak harus kembali ke pelabuhan atau mengambil jalan memutar.

China memiliki sistem peringatan cuaca tiga tingkat berkode warna untuk cuaca konveksi yang parah, dengan oranye mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh kuning dan biru.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023