ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia
Jakarta (ANTARA) - Beragam berita ekonomi Kantor Berita ANTARA menarik perhatian pembaca selama sepekan sejak Senin (8/5) hingga Sabtu (13/5), antara lain Presiden Joko Widodo yang menegaskan ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV).

Juga berita Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan negara-negara G7 dan G20 memiliki peran vital dalam mendorong berbagai kebijakan untuk bersama-sama membantu negara berkembang.

Berikut berita sepekan yang masih layak disimak pada Minggu ini: 


Presiden Jokowi: ASEAN sepakat bangun ekosistem kendaraan listrik

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan Perhimpunan Bangsa- Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sepakat untuk membangun ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia, sehingga hilirisasi industri menjadi kunci.

“ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia sehingga hilirisasi industri menjadi kunci,” ujar Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis.

Berita selengkapnya


BSI kembali beroperasi normal, OJK minta masyarakat tetap tenang

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae meminta agar masyarakat tetap tenang dan bijak menyikapi informasi yang beredar, selepas PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali beroperasi normal.

“Saat ini tim pengawas dan pemeriksa IT OJK terus melakukan komunikasi dan koordinasi untuk mengevaluasi sumber gangguan layanan yang dialami BSI dan meminta BSI untuk melakukan percepatan penyelesaian audit forensik yang saat ini sedang berjalan,” kata Dian dalam keterangan resmi, Sabtu.

Berita selengkapnya


Erick: Penyatuan manajemen pengelolaan dapen BUMN akhir bulan ini

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan penyatuan manajemen pengelolaan dana pensiun - dana pensiun (dapen) BUMN pada akhir bulan ini.

"Targetnya, akhir bulan ini, manajemen pengelolaan dapen-dapen BUMN akan menjadi satu," ujar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya
World Bank beri tiga cara untuk promosikan ketahanan ekonomi di RI

Country Director World Bank(Bank Dunia) Indonesia Satu Kahkonen menyoroti tiga jalur pelengkap (complementary pathways) untuk mempromosikan ketahanan ekonomi di Indonesia ke depan.

Jalur pertama adalah penciptaan mata pencaharian yang berkelanjutan.

“Cara paling berkelanjutan untuk keluar dari kemiskinan adalah bekerja. Namun di Indonesia, pekerjaan seringkali tidak cukup untuk keluar dari kemiskinan. Petani menderita karena produktivitas rendah, sehingga membatasi pendapatan mereka,” ujarnya dalam acara peluncuran Laporan “Pathways Towards Economic Security: Indonesia Poverty Assesment oleh World Bank (Bank Dunia) di The Energy Building, Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya


Sri Mulyani: G7 dan G20 miliki peran vital bantu negara berkembang

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan negara-negara G7 dan G20 memiliki peran vital dalam mendorong dan mengharmonisasikan berbagai kebijakan untuk bersama-sama membantu negara berkembang dalam mengatasi tantangan terkini.

Pernyataan tersebut disampaikan Sri Mulyani dalam acara Dialog Bersama Negara Mitra di sela pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara-Negara G7 pada 11-12 Mei 2023 di Niigata, Jepang.

Berita selengkapnya

​​​​​​​


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023