Palu (ANTARA) -
Pemilihan Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Sulawesi Tengah, untuk periode 2023-2027 yang dijadwalkan pada 28 Juni 2023 kini mulai masuk tahapan penjaringan bakal calon rektor.
 
Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unisa Dr Fachrudin A Yahya melalui keterangan tertulisnya diterima di Palu, Minggu, mengatakan panitia telah menyerahkan surat suara untuk diisi oleh civitas akademika mulai dari mahasiswa, tenaga kependidikan hingga dosen di tujuh fakultas yang ada.
 
Proses penjaringan bakal calon rektor sesuai saran dan masukan senat universitas melalui rapat senat pada Rabu (10/5) yang meminta pelaksanaan tahapan pemilihan rektor secara fleksibilitas dengan tenggang waktu tidak kurang dari dua pekan sebelum masa jabatan rektor berakhir.

Baca juga: Unsri buka kesempatan dosen seluruh PTN daftar bakal calon rektor
 
"Masa jabatan Rektor Unisa Palu akan berakhir pada 6 Juli 2023," ucapnya.
 
Civitas akademika Unisa beberapa hari terakhir mulai menyalurkan aspirasinya dengan menulis nama tokoh yang diusung menjadi bakal calon rektor, kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara yang sudah disiapkan panitia di masing-masing fakultas.
 
Fakultas Ekonomi dan Fakultas Agama Islam hari ini telah selesai melaksanakan penjaringan. Namun, masih kekurangan kertas suara. Sehari sebelumnya, Fakultas Perikanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan juga sudah melakukan penjaringan.

Baca juga: Arif Satria kembali menjadi Rektor IPB
 
"Proses penjaringan diperpanjang, karena masih banyak mahasiswa yang belum menyalurkan hak suaranya akibat kekurangan kertas suara. Namun, panitia sudah mengantisipasinya," ujar Fachrudin yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik Unisa ini.
 
Dalam keterangan tertulisnya, panitia memaparkan tahapan pemilihan hasil revisi yakni penjaringan bakal calon rektor pada 11-20 Mei, kemudian tahapan penghitungan hasil penjaringan 22-24 Mei, penyampaian surat kesediaan bakal calon 25-27 Juni.
 
Selanjutnya, pendaftaran dan pemasukan dokumen kesediaan calon rektor pada 29 Mei hingga 21 Juni, dilanjutkan penyampaian visi-misi di hadapan senat dan civitas akademika pada 26 Juni, dan pemilihan calon rektor pada 28 Juni.

Baca juga: Kemendikbudristek batalkan penetapan rektor terpilih UNS
 
"Setelah pemilihan, penyampaian hasil rapat senat kepada yayasan dijadwalkan pada 30 Juni, dan pelantikan rektor terpilih dijadwalkan pada Juli 2023 oleh Yayasan Alkhairaat SIS Al-Jufri," tuturnya.

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023