Jakarta (ANTARA) - Partai Demokrat mendaftarkan 106 bakal calon legislatif (bacaleg) dan menargetkan 21 kursi  DPRD DKI Jakarta dalam Pemilu 2024.

"Targetnya kita bisa raih 21 kursi di DPRD DKI Jakarta pada Pemilu 2024 mendatang," ujar Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono di KPU DKI Jakarta, Minggu.

Pihaknya telah melakukan seleksi ketat terhadap bacaleg untuk DPRD DKI. "Hari ini kita sudah mendaftarkan 106 bacaleg dari Partai Demokrat Jakarta hasil dari seleksi ketat yang kita lakukan sejak tahun lalu," katanya.

Mujiyono mengatakan, pendaftaran bacaleg ke Partai Demokrat DKI Jakarta sudah sejak 2022.
"Ada lebih dari 200 orang yang mendaftar bacaleg untuk kursi DPRD DKI Jakarta," ungkap Mujiyono.

Baca juga: Demokrat Jakarta gelar pendaftaran secara terbuka Bacaleg DPRD DKI

Untuk itu, lanjut Mujiyono, Panitia Penjaringan Bacaleg melakukan seleksi dengan pembekalan, penugasan dan evaluasi agar bisa menghasilkan caleg-caleg yang bisa mendongkrak suara partai.

"Setiap dapil terisi penuh bacaleg, bahkan melebihi dari kuota yang ditetapkan KPU," katanya.

Karena itu tu dilakukan seleksi dan memberikan pembekalan dengan bimbingan teknis, penugasan hingga evaluasi. "Kita juga akan memberikan subsidi untuk bacaleg potensial agar makin semangat untuk bergerak dengan konstituennya," katanya.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta itu memastikan seluruh caleg petahana tetap didaftarkan sebagai bacaleg untuk Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta. Dia menegaskan, seluruh kader dan bacaleg semakin solid dalam mewujudkan kemenangan bersama untuk Pemilu 2024 nanti.

"10 anggota 'incumbent' atau petahana kita tetap solid bersama Demokrat. Namun, nanti ada juga wajah-wajah baru dengan keterisian 33 persen kuota perempuan dan 38 persen milenial," ungkapnya.

Baca juga: Demokrat siap kawal RUU Kekhususan DKI Jakarta

Hari ini dijadwalkan sebelas partai politik mendaftarkan bacaleg DPRD Provinsi DKI Jakarta di Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta. Selain itu pendaftaran bacaleg DPD RI Dapil DKI Jakarta.

KPU DKI Jakarta optimis sebelas partai politik menyerahkan daftar bacaleg pada hari terakhir pendaftaran, Minggu (14/5).

"Ada sebelas parpol yang akan datang besok. Kita tunggu sampai pukul 23.59 WIB," kata Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Nurdin, Sabtu (13/5).

Berdasarkan jadwal dari KPU DKI Jakarta, sebelas partai yang akan mendaftarkan bacaleg DPRD DKI pada Minggu, yakni:
Pukul 09.00 WIB Partai Golkar
Pukul 10.00 WIB Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Pukul 12.00 WIB Partai Perindo
Pukul 13.00 WIB Partai Buruh
Pukul 13.30 WB Partai Garuda
Pukul 14.14 WIB Partai Demokrat
Pulul 14.30 WIB Partai Gerindra
Pukul 15.00 WIB Partai Kebangkitan Nusantara
Pukul 16.00 WIB Partai Ummat
Pukul 16.00 WIB Partai Gelora
Pukul 17.00 WIB Partai Hanura

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023