Wenchang, China (ANTARA) - Proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang terintegrasi dengan lahan pertanian diluncurkan di Kota Wenchang, Provinsi Hainan, China selatan, guna mendorong vitalisasi pedesaan.

Proyek tersebut meliputi area seluas sekitar 1.600 mu (sekitar 106,7 hektare) dan penduduk desa pun telah mampu memanfaatkan sinar matahari yang melimpah sembari membudidayakan berbagai sayuran, seperti ubi jalar dan lobak putih, di bawah panel-panel surya fotovoltaik.
 
Pemandangan dari udara yang diambil pada 13 Mei 2023 memperlihatkan hamparan sawah-sawah di lahan pertanian yang dinaungi panel surya fotovoltaik untuk memanen energi matahari sebagai sumber energi listrik yang dimanfaatkan penduduk Kota Wenchang, Provinsi Hainan, China selatan, sembari membudidayakan pertanian mereka. (Xinhua/Pu Xiaoxu)



Panel-panel surya fotovoltaik tersusun rapi di lokasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Kota Wenchang, Provinsi Hainan, China selatan. Sejumlah petani memanafatkan lahan di bawah dan di sela-sela panel surya itu untuk membudidayakan berbagai komoditas pertanian. (Xinhua/Pu Xiaoxu)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023